Arab Saudi memutuskan 1 Ramadan 1438 H jatuh pada hari Sabtu, 27 Mei 2017

1971


Arab Saudi memutuskan 1 Ramadan 1438 H jatuh pada hari Sabtu, 27 Mei 2017

Kabasurau.co.id : Mahkamah Agung Arab Saudi mengatakan bahwa Sabtu tanggal 27 Mei adalah hari pertama bulan Ramadan. Keputusan itu diambil setelah pada hari Kamis, Saudi tidak dapat melihat hilal atau bulan sabit sebagai penanda masuknya bulan Ramadhan.

Umat Muslim sedunia mengikuti hitungan kalender bulan yang terdiri dari 12 bulan dalam setahun atau 354 atau 355 hari. Pengamatan terhadap hilal atau bulan sabit menandai awal Ramadan, bulan kesembilan kalender Islam.

Di Indonesia, sebagaimana dirilis dari Kemenag.go.id, penentuan awal 1 Ramadan akan dilakukan melalui sidang Isbat yang dijadwalkan akan berlangsung hari ini. Prosesi sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB sore ini, Jumat, (26/5/2017).

Lebih dari 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia akan menandai bulan tersebut dengan berpuasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari di waktu maghrib.

Ramadan adalah bulan suci bagi umat Islam dimana Alquran diwahyukan kepada nabi mereka Muhammad pada bulan itu. Puasa bulan Ramadhan juga merupakan salah satu dari lima rukun Islam. (DH/MTD)

Sumber : Al-Arabiya

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.