Arab Saudi Sumbang Rp133,4 Triliun untuk Rekonstruksi Yaman yang Hancur Akibat Perang

1143


Kaba Surau : Pemerintah Yaman telah menerima sumbangan sebesar USD10 miliar atau sekitar Rp133,4 triliun dari Arab Saudi untuk membangun kembali negaranya yang hancur akibat dilanda perang. Bantuan dari Saudi itu diungkap Presiden Yaman Abd Rabbo Mansour Hadi.

”Arab Saudi telah memberi Yaman dengan bantuan USD10 miliar,” kata Hadi, dalam sebuah rapat pemerintah di Aden pada hari Rabu kemarin seperti dikutip Al Arabiya, Kamis (23/2/2017).

Dari total sumbangan dana Saudi, sebanyak USD8 miliar di antaranya akan dihabiskan untuk rekonstruksi daerah yang dikuasai pemerintah Yaman. Sedangkan USD2 miliar sisanya akan digunakan untuk mendukung pemulihan Bank Nasional Yaman.

Menurut Presiden Hadi, prioritas mendesak untuk pemulihan Yaman adalah menormalkan kembali fungsi listrik dan pasokan air. Selanjutnya, pemulihan fasilitas kesehatan, pendidikan dan komunikasi.

Yaman telah mengalami krisis kemanusiaan besar-besaran akibat perang saudara antara pasukan loyalis pemerintah Yaman dengan pasukan pemberontak Syi’ah Houthi yang bersekutu dengan pasukan loyalis mantan Presiden Ali Abdullah Saleh. (DH/MTD)

Sumber : Al-Arabiya

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.