AS, Inggris, Prancis Gempur Rezim Suriah

1834


Kabasurau.co.id : Presiden AS Donald Trump, Sabtu dini hari mengumumkan secara resmi bahwa operasi militer gabungan AS, Inggris dan Prancis telah dimulai untuk menggempur rezim “kriminal” Bashar al-Assad karena menggunakan senjata bom kimia yang telah menewaskan warga sipil di Douma, Suriah.

“Saya memerintahkan pasukan Amerika Serikat untuk meluncurkan serangan akurat pada target untuk menghancurkan senjata kimia milik diktator suriah Bashar al-Assad,” ungkap Trump, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (14/3/18).

“Operasi gabungan bersama Prancis dan Inggris sekarang sedang berlangsung di Suriah. Kami berterima kasih kepada mereka berdua. Serangan gabungan ini adalah jawaban atas penggunaan senjata kimia oleh rezim yang sangat mengerikan itu,” tambah Trump.

“Kami siap untuk terus melanjutkan serangan ini sampai rezim Suriah menghentikan penggunaan senjata kimia terlarang,” tegas Trump.

Dikutip dari Reuters, Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis dan Kepala Staf Gabungan Ketua Jenderal Joseph Dunford telah mengkonfirmasi bahwa : “Pasukan gabungan tersebut telah menembakkan 100 rudal dari kapal dan pesawat berawak dan menargetkan tiga fasilitas senjata kimia utama Suriah.”

Sementara itu, Iran dan Rusia memperingatkan AS dan sekutunya atas serangan gabungan tersebut dan menegaskan bahwa AS dan sekutunya harus bertanggung jawab atas konsekuensi regional dari serangan tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Al ArabiyaReuters | Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.