Demi Terselenggaranya Khitanan Massal di Mentawai, Yayasan Dar el-iman dan YBM PLN Jalin Kerja Sama

60
Rompi Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN. (Foto : Syaugi)

PADANG (KabaSurau) : Kegiatan khitanan massal untuk 100 orang mullaf di Mentawai akan dilaksanakan dalam waktu dekat, yakni 9 sampai 12 Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini membutuhkan biaya sebesar Rp 126 juta, dimana telah terpenuhi setengahnya atas kerja sama yayasan Dar el-iman dan yayasan Baitul maal (YBM) PLN UP 3 Padang.

Sebelumnya, yayasan Dar el-iman menggalang dana untuk kegiatan ini. Dilaporkan ketua yayasan Dar el-iman, Buya Muhammada Elvi Syam, jumlah donasi yang telah terkumpul hingga tanggal 6 Januari 2021 sebesar Rp 40 juta. Maka donasi hingga saat ini masih dibuka dan dapat disalurkan melalui rekening BNI syariah, dengan nomor rekening 111 222 5716, atas nama Yayasan Dareliman.

“Alhamdulillah kita menjalin kerjasama dengan yayasan Baitul maal PLN, yang mana kita bekerjasama dengan cabang Padang areanya,” ungkap Buya Elvi saat ditemui Kaba surau di yayasan, Rabu (6/01/2021).

Kegitan khitanan massal ini merupakan kerja sama dari 3 yayasan, yakni yayasan Sosial dakwah dan pendidikan Mentawai, dimana yayasan ini menggerakkan Islamic center pondok pesantren di Mentawai, Kemudian yayasan Dar el-iman kota padang dan terakhir yayasan Baitul maal (YBM) PLN UP 3 Padang.

Selanjutnya Ketua Survei dan pendistribusian yayasan Baitul maal (YBM) PLN UP 3 Padang, yakni Mufrizal menjelaskan, YBM merupakan pengganti Laziz yang saat ini terpusat, dimana tugasnya mengelola zakat pendapatan dan amal sedekah lainnya di lingkup PT PLN (Persero).

Ketua Survei dan Pendistribusian Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UP 3 Padang, yakni Mufrizal. (Foto : Syaugi)

“Sekarang kita punya program di tahun 2021, disamping membantu msayarakat kurang mampu dari segi modal usaha tambahan atau memulai usaha baru, kami juga punya program namanya sunatan massal, saat ini bekerja sama dengan yayasan Dar el-iman,” ungkap Mufrizal.

Bentuk kerja sama yang terjalin dijelaskan Mufrizal, YBM PLN akan membiyayai setangah dari jumlah kebutuhan kegiatan khitanan massal, yakni sebanyak 50 orang muallaf. Katena direncanakan sebanyak 100 orang muallaf akan dikhitan, dimana satu orang mualaf memerlukan biaya sebesar Rp 1.260.000. Yakni biaya khitan, santunan tunai, bingkisan, makan, tansportasi, akomodasi 4 hari, beras dan lain-lain.

Ruang Kantor YBM di dalam Gedung PT PLN (Persero) UP 3 Padang

“Kerjasamanya dalam bentuk YBM membantu 50 persen dan yayasan Dar el-iman 50 persen. Berarti kami menganggarkan sebesar Rp 63 juta untuk kegiatan ini ditambah biaya panitia berangkat kesana,” jelas Mufrizal.

Dari kerjasama dan donasi yang masuk hingga saat ini, maka seluruh kebutuhun biaya kegiatan ini belum terpenuhi, yakni sebesar Rp 126 juta. Semoga sebelum keberangkatan, kebutuhan biaya ini telah terpenuhi. (Sy)