Google Hapus Beberapa Blog dan Puluhan Akun YouTube yang Terkait dengan Iran

51


Kabasurau.co.id : Google mengumumkan bahwa mereka telah mengidentifikasi dan menghapus 39 saluran YouTube yang terkait dengan Iran. Google juga menghapus enam blog di Blogger dan 13 akun Google Plus (G+).

Akun-akun itu diidentifikasi memiliki hubungan dengan The Islamic Republic of Iranian Broadcasting (IRIB), organisasi media penyiaran terbesar milik pemerintah Iran.

“Investigasi kami tentang topik ini sedang berlangsung dan kami akan terus berbagi temuan kami dengan penegak hukum dan entitas pemerintah terkait lainnya di AS dan tempat lain,” kata Google dalam pernyataannya, seperti dilansir dari Reuters, Jumat, (24/8/2018).

Google mengatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan perusahaan firma keamanan cyber FireEye Inc untuk  mendeteksi dan memblokir akun yang disponsori oleh Iran dalam beberapa bulan terakhir.

FireEye mengatakan bahwa mereka mencurigai operasi phising yang tampaknya berasal dari Iran, yang ditujukan untuk pengguna di Amerika Serikat, Inggris, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Saham FireEye dilaporkan naik sebanyak 10 persen menjadi $ 16,38 setelah Google meminta perusahaan itu sebagai konsultan.

Senada dengan Google, raksasa teknologi Facebook dan Twitter secara kolektif juga menghapus ratusan akun yang terkait dengan dugaan operasi propaganda Iran. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.