Inilah 12 Milisi Syi’ah yang Didanai oleh Iran

1124


Kabasurau.co.id : Berbagai kota Iran menggelar aksi demonstrasi massa sejak Kamis, 28 desember 2017 lalu. Aksi demonstrasi telah berlangsung selama hampir dua pekan hingga hari ini. Para demonstran meneriakkan slogan menentang presiden Iran dan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Kebijakan yang ditempuh oleh rezim Iran telah menyentuh realitas politik, sosial, budaya dan ekonomi rakyat Iran dan menyebabkan angka kemiskinan, pengangguran, keterbelakangan informasi dan wabah kelaparan.

Rakyat Iran telah menderita dan mereka hanya bisa menyaksikan semua miliaran dolar yang telah dikumpulkan oleh Iran digunakan untuk biaya perang dan campurtangannya di negeri-negeri Arab.

Mereka menyaksikan Iran memberikan dukungan dana kepada milisi Houthi secara terus-menerus. Mereka juga menyaksikan Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah Lebanon dengan bangga mengatakan menerima miliaran dana dari Iran dan mengatakan bahwa selama Iran memiliki uang, kita akan terus beroperasi. Sementara Rakyat Iran yang miskin tidak mendapatkan keuntungan apapun dari milyaran dolar ini.

Para pengamat Arab dan negara-negara Teluk menyebut Teheran mendukung kelompok-kelompok bersenjata di seluruh dunia untuk mengganggu stabilitas keamanan di wilayah tersebut.

Berikut 12 daftar milisi asing yang didukung dan didanai oleh Iran, seperti dirilis Al Arabiya News Channel, Senin, (8/1/18) :

1. Hizbullah di Lebanon
2. Brigade Hizbullah di Irak
3. Hizbullah al-Nujaba di Irak
4. Asa’ib Ahl al-Haq di Irak
5. Badr Organization di Irak
6. Liwa Abu al-Fadhal al-Abbas di Irak
7. Hizbullah al-Hejaz di Arab Saudi
8. Houthi di Yaman
9. Liwa Fatemiyoun di Afghanistan
10. Islamic Front for the Liberation di Bahrain
11. Islamic Movement (di bawah bimbingan Sheikh Ibraheem Zakzaky) di Nigeria
12. Muhammadi’s Army di Pakistan

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.