Iran Tingkatkan Pasokan Senjata dan Dukungan Militer untuk Pemberontak Syi’ah Houthi di Yaman

1098
FILE PHOTO: Newly recruited Houthi fighters ride on the back or a truck during a parade before heading to the frontline to fight against government forces, in Sanaa, Yemen January 3, 2017. REUTERS/Khaled Abdullah/File Photo


Kabasurau.co.id : Iran telah meningkatkan pengiriman pasokan senjata canggih dan penasihat militernya untuk pemberontak Syi’ah Houthi di Yaman. Hal ini menunjukkan dukungan nyata Iran buat sekutunya, Syi’ah Houthi atas konflik yang berkepanjangan di Yaman.

Iran telah mengambil peran yang lebih besar dalam konflik dua tahun dengan meningkatkan pasokan senjata dan dukungan lainnya. Iran meningkatkan pengiriman senjata ke milisi Houthi, mirip seperti strategi yang digunakan Iran untuk mendukung sekutu Lebanon mereka, Hezbollah, di Suriah.

Seorang pejabat senior Iran mengatakan Mayor Jenderal Qassem Sulaimani, komandan Angkatan Al-Qods – Pasukan eksternal dari Korps Pengawal Revolusi Islam – bertemu pejabat Garda Revolusi Iran di Teheran bulan lalu untuk mencari cara untuk “memperkuat” Houthi di Yaman.

“Pada pertemuan ini, mereka sepakat untuk meningkatkan jumlah bantuan, melalui pelatihan, senjata dan dukungan keuangan, Yaman adalah di mana perang proxy yang nyata terjadi dan siapa yang memenangkan pertempuran di Yaman akan menentukan pengaruhnya di Timur Tengah,” ujar sumber sebagaimana dilansir dari Reuters, Kamis, (23/3/2017)

Brigadir Jenderal Ahmad Assiri, juru bicara koalisi Arab yang memerangi Houthi, mengatakan kepada Reuters: “Kami tidak kekurangan informasi atau bukti bahwa Iran dengan berbagai cara telah menyelundupkan pasokan senjata buat Houthi, “Kami mengamati persenjattan Houthi saat ini, padahal sebelumnya itu tidak ada. Itu datang kemudian, yang dipasok oleh Iran,” ungkap Assiri. (DH/MTD)

Sumber : Reuters

comments

SHARE

LEAVE A REPLY