KabaSurau.co.id : JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa saat ini dirinya masih menyerahkan permasalahan & berunding dengan PT Freeport Indonesia kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. Seperti diketahui perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) itu masih bersikeras enggan mengubah status kontrak dari kontrak karya (KK) menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Seperti yang dilansir dari SINDONews.com, Mantan Walikota Solo itu menerangkan jika tak kunjung usai, barulah dirinya mengambil sikap tegas terhadap perusahan yang berafiliasi dengan Freeport McMoran di AS itu. Saat ini, Freeport masih menolak IUPK yang diterbitkan pemerintah dan hal ini membuat mereka menahan produksi karena tidak bisa melakukan ekspor konsentrat.

Mereka pun mengancam akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal terhadap karyawan mereka dan mengancam akan menyeret pemerintah ke arbitrase internasional, jika pemerintah tak menuruti kemauannya untuk tetap mempertahankan KK. “Kalau sulit diajak musyawarah dan sulit kita ajak berunding, ya nanti kita akan bersikap,” ujar Jokowi di GOR Popki, Cibubur, Kamis (23/2/2017).

Jokowi mengungkapkan, pada dasarnya pemerintah ingin mencarikan solusi atas permasalahan Freeport tersebut. Maka dari itu, dirinya meminta Menteri ESDM untuk terus berunding. “Ya kita ingin ini dicarikan solusi menang-menang. Dicarikan solusi yang win-win, kita ingin itu. Karena ini urusan bisnis jadi oleh sebab itu saya serahkan kepada menteri,” imbuh dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menambahkan bakal melihat perkembangan lebih lanjut terkait perundingan yang dilakukan Menteri Jonan dan perusahaan tambang kelas kakap yang berlokasi di Papua tersebut.‎ Jika memang menemukan jalan buntu, baru dia akan mengambil sikap.

“‎Ya nanti dilihat ini kan masih menteri, masih berproses. Intinya itu saja, kalau memang sulit diajak musyawarah, dan sulit diajak berunding, saya akan bersikap. Sekarang ini biar menteri dulu‎,” tandasnya.

(LIY / AKR / STV)

Sumber: SINDOnews

comments

SOURCESINDONews.com
SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.