Penyerahan Plakat Penghargaan kepada Kerapatan Adat Nagari (KAN) Limau Manis, saat penutupan acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 Tahun di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Padang, Sabtu (20/05). Dokumentasi Foto: Humas Kota Padang

KabaSurau.co.id | PADANG – Wakil Wali Kota Padang Emzalmi menyerahkan penghargaan kepada Kerapatan Adat Nagari (KAN) yang meraih prestasi dalam lomba penilaian KAN tingkat Kota Padang tahun 2017, setelah pelaksanaan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di RTH Imam Bonjol Padang, Sabtu (20/05).

Penghargaan tersebut diterima oleh KAN Nanggalo yang meraih peringkat pertama, KAN Limau Manih di peringkat kedua, dan KAN Pauh IX di peringkat ketiga.

Dikesempatan itu, Emzalmi menjelaskan, penilaian KAN berprestasi tingkat Kota Padang tahun 2017, merupakan sebagai bentuk evaluasi dan pembinaan dari Pemerintah Kota Padang, serta upaya peningkatan peran dan fungsi KAN sebagai organisasi Ninik Mamak.

“KAN adalah ujung tobak dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat dan budaya di tengah kehidupan masyarakat Nagari. Dan itu harus didukung dan diberdayakan,” ungkap Emzalmi.

Disamping itu, keberadaan KAN disetiap Nagari yang ada di Kota Padang sangat membantu dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di Nagari, dan begitu pun juga dengan persoalan yang ada di Kota Padang. “Kita mengucapkan terimakasih atas peran aktif KAN dalam mensukseskan program-program pembangunan Kota Padang selama ini,” tambah Emzalmi.

Sementara itu, Kabag Kesra Kota Padang, Jamilus, mengatakan, kriteria penilaian kantor KAN berprestasi tingkat Kota Padang tahun 2017, meliputi aspek kelembagaan dan kerjasama, termasuk kerjasama dengan organisasi lain yang ada di nagari dan kecamatan, serta aspek-aspek lainnya.

“Kita melakukan penilaian kepada 10 KAN yang ada di Kota Padang. Untuk juara 1 menerima hadiah sebesar 16 Juta, juara II sebesar 10 juta, dan untuk juara III sebesar 8 Jt,” terang Jamilus.

(LIY / STV / LL / FS / Nd / Bs / HUMAS KOTA PADANG)

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.