Krisis Ekonomi Semakin Parah, Menteri Keuangan Iran Masoud Karbasian Diberhentikan

111


Kabasurau.co.id : Parlemen Iran memberhentikan Menteri Keuangan Iran Masoud Karbasian karena semakin memburuknya krisis ekonomi dan jatuhnya nilai mata uang rial Iran di tengah sanksi dan embargo ekonomi AS terhadap Iran.

Masoud Karbasian mendapatkan mosi tidak percaya dari Parlemen Iran. Dalam voting pemungutan suara yang diadakan, 121 anggota memilih Karbasiyan untuk tetap menjabat dan 137 anggota meminta Karbasiyan untuk diberhentikan. Sementara dua suara abstain.

Masoud Karbasiyan adalah menteri kedua dalam kabinet Presiden Hassan Rouhani yang dimakzulkan oleh Parlemen Iran. Sebelumnya, pada awal bulan Agustus kemarin Menteri Tenaga Kerja Ali Rabiei juga diberhentikan oleh Parlemen.

“Ketidakefisienan dan kurangnya perencanaan dalan pemerintahan menyebabkan krisis semakin meningkat. Keputusan yang salah telah merugikan rakyat dan menyebabkan individu menjarah aset publik,” kata seorang anggota parlemen konservatif, Abbas Payizadeh, seperti dilansir dari Al Jazeera, Ahad, (26/8/2018).

Pada akhir Juli, kabinet Presiden Rouhani menunjuk gubernur baru untuk Bank Sentral. langkah itu dipandang oleh Parlemen sebagai penyebab krisis ekonomi. Aksi Protes terkait dengan situasi ekonomi yang semakin sulit di negara itu telah dimulai sejak akhir Desember 2017 lalu, yang menyebar ke lebih dari 80 kota dan mengakibatkan tewasnya puluhan korban jiwa.

Iran telah berjuang dengan tingkat inflasi dan pengangguran yang tinggi selama bertahun-tahun, meskipun sedikit perbaikan setelah kesepakatan nuklir JCOPA 2015. Namun, Iran kembali mengalami krisis setelah baru-baru ini Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan tersebut dan memberlakukan kembali sanksi dan embargo ekonomi terhadap Iran. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.