KTT OKI di Istanbul, Erdogan Serukan Dunia Internasional Akui Jerusalem Ibukota Palestina

1091


Kabasurau.co.id : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah meminta Washington untuk membatalkan “keputusan yang melanggar hukum internasional dan memicu provokatif” di Jerusalem, dan mendesak negara-negara dunia untuk mengakui Jerusalem sebagai ibukota Palestina.

Presiden Erdogan juga menyerukan percepatan proses pengakuan Palestina ke dalam kesepakatan internasional. Dia berbicara dengan sesama pemimpin Muslim di Istanbul, pada KTT Darurat OKI, untuk menanggapi keputusan presiden AS Donald Trum yang menyatakan Jerusalem sebagai ibukota Israel.

Erdogan juga mengecam “kekerasan yang ditunjukkan oleh Israel terhadap para demonstran Palestina di Tepi Barat, Kota Jerusalem, dan Jalur Gaza”. Presiden Erdogan juga menyampaikan belasungkawa kepada ‘para perjuang’ yang telah tewas untuk melindungi Negara Palestina.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu juga menyuarakan seruan serupa ke “semua negara.”

“Pertama, negara Palestina harus diakui oleh semua negara di dunia. Kita semua harus berjuang bersama untuk hal ini,” ungkap Cavusoglu saat para menteri luar negeri berkumpul menjelang pertemuan puncak penuh di Istanbul.

“Kita harus mendorong negara-negara lain untuk menngakui negara Palestina berdasarkan perbatasan 1967 dengan Jerusalem sebagai ibukotanya,” ungkap Cavusoglu.

Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas telah menggambarkan pengakuan Washington terhadap Jerusalem sebagai ibukota Israel sebagai “bukti gerakan Zionis Trump, Abbas mengingatkan bahwa para teroris akan dapat memanfaatkan langkah tersebut untuk “mengubah perjuangan politik menjadi agama.” (DH/MTD)

Sumber : RT, Daily Sabah
Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.