Lebih dari 8 Juta Orang Diambang Kelaparan di Yaman

295


Kabasurau.co.id : PBB meminta pihak-pihak yang terlibat dalam perang di Yaman untuk memungkinkan “akses kemanusiaan yang berkelanjutan dan tanpa hambatan” bagi jutaan orang Yaman yang menghadapi kelaparan dan wabah penyakit.

“Kehidupan 8,4 juta orang Yaman untuk menghadapi kelaparan, bergantung pada kemampuan kita untuk melanjutkan bantuan kemanusiaan kita dan menyediakan dukungan kesehatan, air bersih, tempat tinggal dan gizi,” ungkap Jamie McGoldrick, koordinator kemanusiaan PBB untuk Yaman, seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa, (12/12/17).

Seruan tersebut muncul saat pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan serangan membasmi pemberontak Houthi setelah terbunuhnya mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh yang dibunuh Houthi karena berkhianat.

Arab Saudi dan sekutu-sekutunya melakukan serangan gabungan untuk membasmi pemberontak Houthi untuk memulihkan kembali pemerintahan Yaman yang sah dibawah pimpinan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Arab Saudi telah mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan ke negara tersebut disamping pemberlakuan blokade pelabuhan. Blokade ini dirancang untuk menghentikan pasokan senjata kepada pemberontak Houthi dari Iran.

Menurut laporan PBB, Perang Yaman telah menewaskan lebih dari 10.000 orang dan mengungsi sebanyak tiga juta orang. Jutaan orang Yaman sedang berjuang dengan kelaparan dan penyakit, termasuk epidemi kolera terburuk yang pernah tercatat, yang telah menginfeksi sekitar satu juta orang di Yaman. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera
Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.