Malaysia Tutup Lembaga Pusat anti-Terorisme yang Dibuat Arab Saudi di Kuala Lumpur

151


Kabasurau.co.id : Pemerintahan baru Malaysia di bawah kepemimpinan PM Mahathir Mohammad memerintahkan penutupan Lembaga Pusat Anti-Terorisme yang dibuat oleh Arab Saudi di Kuala Lumpur.

Lembaga itu bernama : “King Salman Center for International Peace (KSCIP)” yang diresmikan setahun yang lalu saat kunjungan Raja Salman ke Malaysia.

“KSCIP akan segera ditutup, operasional dan fungsi lembaga tersebut akan diambil alih oleh Kementerian Pertahanan dan Keamanan Malaysia,” ungkap Menteri Pertahanan Mohamad Sabu, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (8/8/2018).

Namun tidak ada alasan yang diberikan terkait penutupan lembaga tersebut.

Sementara itu kubu Oposisi Malaysia menentang penutupan KSCIP. Hishammuddin Hussein dari Partai UMNO sekaligus mantan menteri pertahanan Malaysia di masa PM Najib Razak mengatakan bahwa lembaga tersebut sangat penting untuk menanggulangi “ekstremisme dan radikalisme” oleh kelompok-kelompok bersenjata, seperti : ISIS.

Menurut pengamat, pengaruh Arab Saudi semakin luas di Malaysia di masa kepemimpinan PM Najib Razak. Arab Saudi membangun sekolah dan masjid di berbagai wilayah dan memberikan beasiswa bagi Mahasiswa Malaysia yang ingin belajar di Arab Saudi. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.