Mantan PM Pakistan Nawaz Sharif Dijatuhi Hukuman 10 Tahun Penjara

33


Kabasurau.co.id : Mantan perdana menteri Pakistan Nawaz Sharif telah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena kasus dugaan korupsi dan pencucian uang. Pengadilan juga menjatuhkan hukuman 7 tahun penjara kepada putri Sharif, Maryam Nawaz Sharif.

Pengadilan anti-korupsi Pakistan memutuskan bahwa Sharif dan keluarganya melakukan tindak pidana pencucian uang terkait dengan kepemilikan empat apartemen di Park Lane, London, Inggris .

“PML-N (Pakistani Muslim League-Nawaz, Partai Sharif) menolak keputusan ini. Ini adalah babak kelam dalam sejarah negeri ini. Tidak ada bukti hukum yang kuat di seluruh kasus,” ungkap saudara Sharif, Shahbaz Sharif, kepada wartawan, seperti dilansir dari The Guardian, Ahad, (8/7/2018).

Dilansir dari Al Jazeera, PM Nawaz Sharif diberhentikan sebagai perdana menteri pada bulan Juli 2017 lalu karena tuduhan korupsi. Mahkamah Agung Pakistan kemudian memerintahkan Komisi anti-korupsi untuk melakukan penyelidikan terhadap Sharif dan keluarganya.

Pada tahun 2016, sebuah Konsorsium Jurnalisme Investigatif Internasional (ICIJ) membocorkan 11,5 juta dokumen hukum yang dijuluki Panama PapersDalam dokumen tersebut, keluarga Sharif disebut telah memperoleh pinjaman $ 13,8 juta pada tahun 2007, dan menggunakan apartemen sebagai jaminan.

“Hari ini, putusan pengadilan anti-korupsi telah menegaskan bahwa aset-aset ini, Apartemen Avenfield, diperoleh melalui cara-cara korup oleh Sharif dan keluarganya,” kata jaksa Sardar Muzaffar Abbasi. (DH/MTD)

Sumber : The GuardianAl Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.