KabaSurau.co.id : WASHINGTON – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA mengumumkan penemuan terbaru mereka pada Rabu (22/2) sore waktu setempat, atau Kamis (23/2) dini hari WIB. Pengumuman tersebut mengenai sistem yang dikenal pertama dari tujuh planet seukuran Bumi di sekitar bintang tunggal, diluar dari tata surya.

Sebagaimana yang dilansir dari situs resmi NASA, terdapat tujuh planet yang berukuran layaknya bumi, akan tetapi hanya 3 planet yang dapat dihuni oleh manusia. Selanjutnya, planet-planet tersebut disebut sebagai Exoplanet.

Tiga planet tersebut terletak di zona layak huni, daerah sekitar bintang induknya di mana sebuah planet berbatu yang paling mungkin untuk memiliki air cair.

Penemuan ini menetapkan rekor baru untuk jumlah terbesar dari zona planet layak huni, yang ditemukan di sekitar bintang tunggal di luar tata surya kita. Ketujuh planet ini bisa memiliki air cair; kunci dari kehidupan seperti yang kita kenal; disana terdapat juga kondisi atmosfer yang tepat seperti layaknya bumi, akan tetapi kemungkinan tertinggi hanya ada tiga zona layak huni.

“Penemuan ini bisa menjadi bagian penting dalam teka-teki untuk menemukan lingkungan layak huni, tempat-tempat yang kondusif untuk kehidupan” – Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi dari Direktorat Misi Sains NASA di Washington.

”Menjawab pertanyaan, ‘Apakah kita sendirian?’ Merupakan prioritas sains dan menemukan begitu banyak planet-planet seperti ini untuk pertama kalinya di zona layak huni merupakan langkah luar biasa maju untuk menuju tujuan itu,” lanjut Zurbuchen.

Dalam sesi tanya jawab setelah pengumuman, para ilmuwan NASA mengatakan bahwa keberadaan air belum dikonfirmasi pada salah satu planet yang baru ditemukan. Namun, NASA mengklaim tiga dari tujuh planet baru tersebut layak huni.

Nama salah satu dari exoplanet tersebut belum dipaparkan. Alasannya, tidak ada sistem yang mudah untuk penamaan planet di luar tata surya yang telah ada.

(LIY / MAS)

Sumber: NASA.gov

comments

SOURCENASA.gov
SHARE

LEAVE A REPLY