Pangeran Turki Al-Faisal : “Iran Sangat Berambisi Untuk Menghancurkan Kerajaan Arab Saudi”

155


Kabasurau.co.id : Pangeran Turki Al-Faisal, Kepala Badan Intelijen Arab Saudi mengatakan bahwa Iran adalah “ancaman” dan bertujuan untuk menghancurkan kerajaan Arab Saudi. Pangeran Turki Al-Faisal menyatakan bahwa Iran telah ikut campur dalam urusan dalam negara-negara Arab.

“Saya tidak berpikir mereka mengancam keberadaan kita. Tapi yang pasti, ambisi mereka adalah untuk menghancurkan kerajaan Arab Saudi. Dan ini bukan hal baru. Ini berasal sejak masa Khomeini 1979,” ungkap Pangeran Turki Al Faisal, seperti dilansir dari Arabnews, Rabu, (21/3/18).

Pangeran Turki kemudian menunjukkan bukti campur tangan Iran di negara-negara Arab, seperti di : Irak, Suriah, Lebanon dan Yaman.

“Iran tidak ragu-ragu untuk ikut campur tangan di semua negara ini, dan mereka membanggakannya. Ini bukan sesuatu yang mereka sembunyikan bahkan mereka mengumumkannya. Rezim mereka mengklaim bahwa mereka telah berhasil mengendalikan empat ibukota Arab,” tambah Pangeran Turki Al Faisal.

Pangeran Turki juga mengatakan bahwa Syi’ah Houthi telah mencoba untuk mengambil alih Yaman dengan kekuatan militer melalui dukungan dari Iran.

“Arab Saudi telah menanggapi permintaan pemerintah sah di Yaman untuk memberikan dukungan militer untuk membantu mereka merebut kembali Yaman dari kudeta Houthi.  Yaman berbatasan langsung dengan Arab Saudi. Saya pikir ini adalah pembelaan yang dapat dibenarkan untuk kepentingan dunia Arab,” tegas Pangeran Turki Al Faisal. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews | Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.