kawasan mandeh (foto FB Al Amin)

KabaSurau.co.id | BUKITTNGGI – Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Arkadius mengatakan pariwisata bisa menjadi kekuatan ekonomi provinsi itu dibanding dari sektor sumber daya alam. “Sumber daya alam Sumbar cukup minim, tidak seperti Provinsi Riau sehingga tidak bisa menopang perekonomian daerah,” katanya di Padang, kemarin.

Untuk itu ia meminta pemerintah kabupaten/kota terus fokus dalam tempat wisata agar tertata dengan baik dan wisatawan tidak bosan untuk datang. Keindahan wisata Sumbar, sebutnya sangat beragam mulai dari gunung berapi, sungai, air terjun, danau, dan pulau-pulau kecil yang saat ini cukup digandrungi wisatawan serta alam bawah laut yang indah.

“Kekayaan keindahan alam ini diperkaya dengan ragam budaya serta kearifan lokal di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Selain itu pariwisata dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Ia mencontohkan seperti pemanfaatan rumah-rumah tinggal di daerah wisata yang jauh dari penginapan, warung makan atau warung berjalan, jualan hasil kerajinan.

Contoh lain, imbuhnya seperti salah satu daerah di Tanah Datar yakni Pariangan yang ditetapkan sebagai desa terindah di dunia saat ini belum ada pengelolaan yang terarah dari pemerintah daerah itu.

“Harusnya kesempatan-kesempatan yang dapat menambah pendapatan asli daerah dapat dioptimalkan,” sebutnya.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengingatkan pengembangan pariwisata bukan hanya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tetapi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya daerah yang mampu mengembangkan sektor pariwisata bisa memiliki pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dari daerah lain, bahkan daerah yang memiliki kekayaan tambang.

“Sumbar memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pariwisata, tetapi belum tergarap secara maksimal,” ujarnya.

Untuk keindahan alam, hampir tiap daerah dari 19 kabupaten dan kota memiliki destinasi wisata alam unggulan diantaranya Mandeh di Pesisir Selatan, Desa Pariangan termasuk dalam daftar lima desa terindah di dunia versi Budget Travel, Istano Pagaruyung Tanah Datar, Seribu Rumah Gadang Solok Selatan, Jam Gadang Bukittinggi dan beberapa danau yang sama indahnya.

Sedangkan untuk kuliner, rendang Minang juga telah diakui sebagai makanan terenak versi CNN. (lin)

comments

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.