Pemerintah Pakistan Kirim Jutaan SMS ke Rakyat agar Laporkan Penista Agama

1304


Kabasurau.co.id : Pemerintah Pakistan mengirim jutaan pesan teks via ponsel atau SMS kepada rakyatnya agar melaporkan orang yang menista agama ke pihak berwenang. SMS itu juga berisi peringatan agar rakyat Pakistan tak berbagai konten penistaan secara online.

Langkah tersebut dilakukan saat pihak berwenang Pakistan mengajukan tawaran untuk memerangi peningkatan kasus kekerasan agama. Jutaan SMS dikirim pemerintah melalui Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA).

Regulator telekomunikasi tersebut mengatakan kepada AFP bahwa pihaknya bertindak berdasarkan perintah pengadilan. Namun, langkah pengiriman jutaan SMS ini menimbulkan kritik dari beberapa aktivis di Pakistan.

”Pesan massal ini hanya akan memicu kebencian di antara berbagai sekte dan segmen masyarakat. Ini adalah langkah yang sangat buruk,” kritik aktivis hak digital Shahzad Ahmad kepada AFP, sebagaimana dilansir dari Sindonews, Kamis, (11/5/2017).

Pada tahun 1986, Presiden Zia-ul-Haq menambahkan pasal penistaan dalam undang-undang di Pakistan, yang merupakan konstitusi warisan kolonial Inggris. Pasal yang ditambahkan itu memuat hukuman mati sebagai hukuman maksimum untuk siapa saja yang menghina Nabi Muhammad.

Pada bulan Maret, Perdana Menteri Nawaz Sharif mengeluarkan perintah untuk menghapus konten penghujatan secara online. Sharif juga memerintahkan agar siapa pun yang terbukti melakukan pelanggaran terkait penisataan untuk dihukum dengan hukuman yang ketat. (DH/MTD)

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.