Pengadilan Tinggi Mesir Hapus Mantan Presiden Mursi dari Daftar Teroris

52


Kabasurau.co.id : Pengadilan Tinggi Mesir membatalkan keputusan pengadilan sebelumnya yang menetapkan 1.538 terdakwa ke dalam daftar teroris negara itu, termasuk mantan Presiden Muhammad Mursi.

Pengadilan tingkat kasasi tersebut menerima banding Mursi dan 1.537 terdakwa lainnya yang masuk dalam daftar teroris tersebut, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Rabu, (4/7/2018).

Mursi, 66 tahun, terpilih menjadi Presiden Mesir secara demokratis pada tahun 2012. Namun, setahun setelahnya Mursi dilengserkan melalui kudeta militer pada Juli 2013. Mursi kemudian ditahan oleh pihak berwenang Mesir dan dimasukkan ke dalam daftar teroris.

Bersama dengan kuasa hukumnya, Mursi kemudian mengajukan permohonan banding terhadap semua tuntutan terhadapnya. Hingga saat ini Mursi masih ditahan terkait dengan dua dakwaan lainnya, termasuk disebut sebagai aktor penyebab kerusuhan berdarah di Mesir.

Pihak berwenang Mesir menyebut para terdakwa memiliki hubungan dengan kelompok Ikhwanul Muslimin, yang sejak tahun 2013 ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Mesir.

Putusan Pengadilan Tinggi Mesir berketetapan hukum tetap dan bersifat final serta tidak dapat diajukan banding. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.