Presiden Duterte Sahkan Undang-undang Kawasan Otonom Muslim di Filipina Selatan

123


Kabasurau.co.id : Presiden Filipina Rodrigo Duterte akhirnya mensahkan undang-undang otonomi yang telah lama ditunggu-tunggu oleh minoritas Muslim Mindanao di Filipina Selatan.

Langkah ini disebut sebagai upaya untuk mengatasi ekstremisme dan meredakan setengah abad konflik separatis di wilayah tersebut.

Duterte menandatangani undang-undang tersebut setelah kunjungannya ke Mindanao selatan, seperti dilansir dari Reuters, Jumat, (27/7/2018).

Undang-undang Otonomi Bangsa Moro (Sebutan untuk umat Muslim di Filipina Selatan) telah mendapat dukungan publik yang luas.

Diperkirakan sekitar lima juta umat Muslim tinggal di wilayah tersebut. Namun memiliki tingkat pekerjaan, pendapatan, pendidikan, dan pembangunan ekonomi terendah di Filipina. “Momentum di balik proses otonomi adalah mimpi yang ditunggu-tunggu yang menjadi kenyataan”, kata Jesus Dureza, penasihat perdamaian Duterte.

Para pemimpin Muslim Mindanao menyambut baik undang-undang tersebut, sekalipun semua tuntutan mereka tidak dipenuhi. Meskipun banyak kesepakatan yang akan didelegasikan, pemerintah pusat akan tetap mengontrol keamanan di wilayah tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.