Puasa Senin dan Kamis, Ada Menu Berbuka Gratis di Padang

33

PADANG (KabaSurau) : Bagi masyarakat muslim yang sering berpuasa Senin dan Kamis, tidak ada salahnya mencoba melaksanakan berbuka puasa di Masjid Al Hakim Jalan Gajah Mada Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Pasalnya di masjid tersebut menyediakan bermacam menu berbuka puasa secara cuma-cuma. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Divisi Sosial (Divsos) Yayasan Dar El Iman Kota Padang.

Program ini bernama Etalase Berbagi, sebagaimana dijelaskan Koordinator Lapangan (Korlap) Divsos Dar El Iman, Muhammad Arsul. Berbuka gratis dijelaskan Arsul dilaksanakan setiap puasa sunnah seperti Senin dan Kamis, selain itu ada juga santapan Jumat selepas shalat Jumat.

“Rata-rata jumlah makanan yang kita sediakan sebanyak 15 porsi dan juga ada dari jamaah yang berdonasi, kalau santapan jumat sebanyak 100 porsi, jadi jumlah tidak menentu,” terang Arsul.

Antusias jamaah untuk berdonasi makanan dalam program ini sangat tinggi. Arsul menjelaskan, untuk santapan Jumat terkadang sampai 250 porsi lebih, dimana panitia hanya menyediakan 100 porsi dan sisanya dari jamaah yang menitipkan di etalase.
Menu yang disediakan tentunya makanan yang menggugah selera, seperti pecel ayam atau lele, nasi goreng, kwetiaw, nasi briani dan soto ayam. Adapun minuman yang tersedia yakni jeruk dinging dan teh es. Tentunya rasa dijamin membuat ketagihan, hal ini terbukti dengan ludesnya semua makanan yang di sediakan.

Program ini telah berjalan selama 3 bulan, dan telah dinikmati manfaatnya oleh jamaah Masjid Al Hakim dan warga di sekitar masjid. Salah satunya Azzam (21) seorang jamaah Masjid Al Hakim. Ia mengatakan, dengan program ini jamaah bisa menikmati santapan berbuka dan sekaligus mengikuti pengajian rutin yang dilaksanakan.

“Saya merasa bersyukur karena saya bisa sekaligus ikut kajian dan juga bisa berbuka bersama dengan ikhwan yang lain,” ungkap Azzam.

Kemudian Ia berharap dengan program ini dapat memotivasi umat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Selanjutnya bagi masyarakat muslim yang ingin menyalurkan donasi untuk program ini, dapat menyalurkan donasinya melalui nomor rekening Bank BNI Syariah, 111 222 54 99 atas nama Yayasan Dar El Iman. Juga jangan lupa menambahkan kode unik 100 di belakang nominal transfer. Selain itu, pengurus juga menerima bagi jamah yang ingin mengantarkan langsung ke Masjid Al Hakim, baik berbentuk sejumlah uang maupun makanan. (Sy)