Rektor UIN-IB Padang, Dr. Eka Putra Wirman : “Saya Tidak Setuju Cadar Didoktrin Sebagai Perilaku Radikal”

1756


Kabasurau.co.id : Larangan penggunaan cadar di beberapa kampus, mengundang perdebatan di kalangan warganet, dan bahkan menjadi berita utama di berbagai media mainstream, terutama kebijakan kampus tersebut dengan alasan cadar terindikasi radikalisme dan fundamentalisme.

Sebagian mengatakan larangan tersebut diskriminatif dan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM), tetapi ada juga yang mengatakan itu hak otoritas kampus terkait aturan berpakaian di kampus. Alasan lainnya, agar Islam lebih moderat dengan mengakui konsensus bersama, yakni UUD 1945, Pancasila, Kebhinekaan, dan NKRI.

Menanggapi hal tersebut, Rektor UIN-IB Padang, Dr. Eka Putra Wirman, M.A., mengatakan setiap kampus memiliki kebijakannya masing-masing, termasuk peraturan berpakaian bagi civitas akademika kampus. Ia berpendapat setiap kampus punya otoritas, termasuk menginginkan mahasiswanya menjalankan ilmu agama sesuai aturannya.

“Pendidikan itu tujuannya, memindahkan sesuatu keadaan kepada keadaan yang lain. Terkait kebijakan di UIN Sunan Kalijaga, itu otoritas mereka, boleh saja mereka mengatur sesuai arah yang diinginkan kampusnya,” ujar Eka.

Selain itu, Eka sangat tidak setuju ketika cadar didoktrin sebagai perilaku radikal. Menurutnya cadar ialah aturan keagamaan yang diperbolehkan sesuai pemahaman umat Islam masing-masing. Sebaliknya, ia katakan radikalisme itu identik perilaku buruk seseorang.

Terkait peraturan di UIN-IB Padang, ia tegaskan tidak ada larangan bagi mahasiswi yang memakai cadar, asalkan sesuai aturan kewajaran berdasarkan buku panduan yang ada di kampus. Ia juga mengatakan, bahwa selama ini belum ada terindikasi perilaku radikalisme oleh civitas akademika kampus UIN-IB Padang.

“Radikal itu bukan cadarnya, tapi perilakunya. Setiap orang berhak mengekspresi diri dalam menjalankan agama, jadi tidak ada larangan bercadar. Namun di UIN-IB Padang, masih di bawah 15 orang yang bercadar,” sebutnya.

Sumber : Metroandalas.co.id

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.