Resmikan SPBUN Koto IX Tarusan, Mahyeldi Harapkan Akses Mendapatkan BBM Dapat Lebih Mudah

93
Peresmian SPBU Koto IX Tarusan (foto: BIRO ADPIM SEKDA PROV SUMBAR)

PESISIR SELATAN (KabaSurau): Gubernur Mahyeldi Ansharullah meresmikan SPBN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan) yang dikelola oleh PT. Citra Nelayan Sejati di Wilayah Kerja UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah I,tepatnya di Kawasan Dermaga Carocok Tarusan,Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (29/5/2021).

Mahyeldi menjelaskan, selama ini Nelayan di Kecamatan Koto IX Tarusan cukup kewalahan demi mendapatkan bahan bakar bersubsidi dengan jumlah yang mencukupi karena memang belum tersedia SPBN di sekitar kawasan dermaga, sehingga untuk memenuhi kebutuhan BBM mereka biasa membeli dengan derigen dari SPBU Kapuah yang berjarak sekitar 6 KM dari dermaga dan itupun mereka harus adu cepat dengan kendaraan angkutan barang yang biasanya sudah antri panjang karena ketersedian BBM jenis Bio Solar dan Pertalite di SPBU tersebut juga terbatas.

“Biasanya untuk memperoleh BBM, para nelayan harus keluar cukup jauh tentu itu membutuhkan biaya tambahan, ketersediaannya juga terbatas dan cepat habis, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan kapal nelayan yang berlabuh di Dermaga Pelabuhan Perikanan Wilayah I Carocok Tarusan dengan maksimal,sekarang Alhamdulillah sudah ada solusi” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi menambahkan, untuk menjawab persoalan tersebut maka Pemprov Sumbar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan mendorong pihak BUMN dan BUMD berinvestasi membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) di dermaga-dermaga utama setiap daerah, Komplek Pelabuhan Perikanan Carocok Tarusan adalah salah satu lokasi yang kami rekomendasikan.

Kemudian Mahyeldi mengatakan, para nelayan di Pelabuhan Perikanan Wilayah I Carocok Tarusan ini berjumlah 1460 orang dengan armada penangkapan berupa Bagan Perahu 30 GT, Bagan Perahu 30 GT Tonda, Gillnet dan Payang sementara untuk armada nelayan berjumlah 238 unit.

“Kita berharap dengan adanya SPBUN ini, Nelayan yang ada di Pelabuhan Perikanan Carocok Tarusan tidak lagi mengalami kesulitan dalam mendapatkan BBM bersubsidi sehingga usaha perikanan di wilayah meningkat,” harap Mahyeldi.

Pada kesempatan itu Mahyeldi menmyampaikan terima kasih kepada pihak PT. Citra Nelayan Sejati telah memberikan kemudahan kepada para nelayan. Kedepan kami berharap Pemerintah kab. Pesisir Selatan bisa menghadirkan sarana pendukung lainnya agar Masyarakat Nelayan menjadi lebih sejahtera.

“Kawasan ini selain menyediakan kebutuhan bahan bakar juga perlu disediakan pabrik es, dan Cold Storage karena ketersediaan pasokan es sangat dibutuhkan oleh nelayan untuk melaut,” sebut Mahyeldi.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Rusmayul Anwar dalam sambutannya meminta dukungan Gubernur untuk meningkatkan pembangunan di kab. Pesisir Selatan, tidak hanya terkait dengan kelautan perikanan tetapi juga diberbagai bidang.

“Saya selaku Bupati Pesisir Selatan mohon dukungan dari Pak Gubernur untuk membangun Pesisir Selatan tentu tidak hanya di bidang perikanan dan kelautan tetapi juga bidang lainnya seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lain-lain,”tuturnya.

Turut hadir mendampingi Gubernur Kadis Kelautan Sumbar Yosmeri, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, Kadis Energi Dan Sumberdaya Mineral Herry, Kadis PSDA Sumbar, Kepala BPBD Sumbar, Kepala Biro ADPIM, Kepala Biro Umum, Kepala Satpol PP, Kepala Dinsos Sumbar, Kadis Kominfo dan Statistik, dan Kepala UPTD PPW I Arnofi, pimpinan PT. Citra Nelayan Sejati serta para nelayan lainnya.

Sumber : BIRO ADPIM SEKDA PROV SUMBAR
Editor : Libra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here