Turki Sambut Baik Serangan Gabungan AS, Inggris dan Prancis Menggempur Rezim Suriah

849


Kabasurau.co.id : Turki menyambut baik serangan gabungan oleh AS, Inggris, dan Prancis untuk menggempur rezim Bashar al-Assad yang telah menggunakan senjata bom kimia yang menewaskan warga sipil di Douma, Suriah.

“Kami menyambut baik operasi ini untuk membalas rezim Suriah yang menargetkan warga sipil di Douma, ini adalah respon yang tepat terhadap rezim itu,” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki, seperti dilansir dari Kantor Berita Turki, Anadolu Agency,Sabtu, (14/4/18).

“Serangan dengan senjata pemusnah massal, seperti penggunaan senjata kimia, yang tanpa pandang bulu telah menargetkan warga sipil merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan,” tambah pernyataan tersebut.

“Rezim Suriah, yang telah mengzalimi rakyatnya sendiri selama lebih dari tujuh tahun, baik itu dengan senjata konvensional atau kimia, memiliki rekam jejak kejahatan yang dapat dibuktikan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang. Hati nurani masyarakat internasional tidak memiliki keraguan akan hal itu,” ungkap pernyataan tersebut.

Turki menegaskan bahwa : “kejahatan semacam itu tidak bisa dibiarkan begitu saja dan bahwa penuntutan pertanggungjawaban terhadap rezim itu harus segera dilakukan untuk mencegah terulangnya kejahatan serupa”.

Turki menyerukan kepada masyarakat internasional, terutama anggota Dewan Keamanan PBB, untuk mengeluarkan pernyatan bersama untuk memastikan bahwa “penggunaan senjata kimia tidak luput dari hukuman”. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.