UEA Tembak Jatuh Pesawat Tak Berawak Buatan Iran di Yaman

306


Lensaislam.com : Angkatan udara Uni Emirat Arab (UEA) menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak buatan Iran di Yaman. Demikian laporan kantor berita UEA, WAM, mengutip pernyataan seorang perwira militer Yaman.

UEA adalah anggota dari koalisi militer Teluk Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi. Koalisi ini mendukung pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dalam perang hampir dua tahun dengan kelompok Houthi, sekutu Iran.

Ini menjadi pertama kalinya UEA melakukan serangan terhadap Houthi atas penggunaan pesawat tak berawak yang dibuat oleh Iran untuk mereka.

“Pasukan Yaman melihat persiapan untuk meluncurkan pesawat dari atas kendaraan dan berkoordinasi serta berkomunikasi dengan angkatan udara UEA yang beroperasi di Yaman, yang melakukan bagiannya dalam menangani pesawat, menghancurkannya dengan rudal dari darat ke udara,” kata WAM dalam laporannya seperti dilansir dari Reuters, Senin, (30/1/2017).

Sementara itu Wakil Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Yaman, Mayor Jenderal Ahmed Saif al-Yafei menambahkan bahwa insiden itu terjadi di daerah sekitar pelabuhan Laut Merah al-Mokha. Wilayah itu adalah lokasi pertempuran hebat antara pasukan pemberontak Houthi dan pasukan Yaman yang didukung negara-negara Teluk.

Tidak ada reaksi atas penembakan itu dari Iran atau kelompok Houthi. Houthi berulang kali menolak negara-negara Teluk Arab yang menyatakan kelompoknya menjalankan agenda Teheran di Yaman atau telah dipersenjatai oleh Iran.

Sumber : Reuters | Editor : Deli H | MTD Official

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.