Ustadz Muhammad Elvi Syam : Dari Padang, Kami Mendoakan Bapak Patrialis dan Keluarga Diberi Ketabahan Menghadapi Ujian Ini

491


Semoga Allah memberikan ketabahan kepada Bapak Patrialis Akbar dan keluarga

Berita OTT bapak Patrialis Akbar sangat mengagetkan hati setiap orang yang mengenal bapak Patrialis Akbar sebagai sosok yang santun, ramah, peduli terhadap kebaikan bangsa dan negaranya. Beliau adalah seorang pejabat negara yang rendah hati, pemerhati dakwah demi kebaikan masyarakat indonesia, agar jauh dari radikalisme.

Pagi kamis, ketika saya mendapatkan berita tersebut, langsung saya mengirim pesan kepada istri beliau agar tabah dalam menghadapi mushibah dan ujian ini sbb:

Kami mendengar berita ttg bapak, semoga Allah mudahkan urusan bapak. Mari kita renungkan firman Allah dalam surat al.hadid ayat 22 dan 23 :
57:22
مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.
57:23
لِكَيْلَا تَأْسَوْا عَلَىٰ مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ ۗ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.”

Dari dua ayat di atas ada beberapa pelajaran:
1. Tidak ada satupun musibah yg mimpa kita kecuali telah ditulis dan ditetapkan sebelum kita diciptakan, malahan sebelum langit dan bumi diciptakan.
2. Apa yg telah kita lalui dan yang akan kita lalui semua sudah tertulis, kita hanya menjalankan apa yg sudah tertulis.
3. Beriman kpd taqdir agar kita tidak terlalu bergembira terhadap apa yg telah kita raih, dan tidak bersedih atau menyesal apa yg luput dari diri kita.
4. Kita wajib bersabar dalam menerima cobaan.

Semoga Allah memperlihatkan kebenaran kpd manusia. Ini adalah bagian dari perjuangan yg harus dihadapi, semoga diberikan keteguhan hati untuk menghadapinya

Kami dari padang, dan semua masyarakat cinta sunnah mendoakan bapak dan ibu serta keluarga agar diberi kesabaran dan diberi pahala dalam.musibah ini dan diberikan solusi yg terbaik.

Selaku sesama muslim, kita hendaklah menunaikan hak sesama muslim, sebagaimana sabda nabi :

عن أنس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: انصر أخاك ظالماً أو مظلوماً، فقال: رجل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أنصره إذ كان مظلوماً، أفرأيت إذا كان ظالماً كيف أنصره؟! قال: تحجزه أو تمنعه من الظلم، فإن ذلك نصره.
Dari anas semoga Allah meridhoinya, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: tolonglah saudaramu yang menzolimi atau yang dizolimi, lalu seorang berkata: ya rasulullah aku menolongnya jika dia dizolimi, bagaimana menurutmu jika dia menzolimi bagaimana aku menolongnya? Rasulullah bersabda: engkau menghalanginya atau menahannya dari berbuat zolim maka hal itulah cara menolongnya. H.R Bukhari, Ahmad dan Tirmizi.

Rasulullah mengatakan bahwa muslim dengan muslim lain adalah bersaudara dan tak boleh menzoliminya, beliau bersabda:
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ( المسلم أخو المسلم، لا يظلمه، ولا يخذله، ولا يحقره) [رواه مسلم (2564)]
dari abi Hurairah semoga Allah meridhoinya, rasulullah bersabda: orang muslim itu saudara muslim yang lain, ia tidak boleh menzoliminya, tidak boleh membiarkan tanpa membelanya, tidak boleh mencelanya.” HR.Muslim no: 2564

Mari kita bela saudara kita dengan sesuatu yang bisa kita lakukan sesuai dengan yang disyariatkan, minimal doa yang baik kita selipkan dalam setiap doa kita, karena doa adalah senjata seorang mukmin. Mari kita doakan agar bapak dan keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran serta pahala yg berlipat ganda. Dan mendoakan agar Allah memperlihatkan kebenaran dan menghancurkan kezoliman dan kebatilan.
Semoga bermanfaat…

Oleh : Ustadz Muhammad Elvi Syam, Lc. MA

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.