Walikota Padang Mahyeldi meninjau pembangunan pasar raya. (foto: Charlie Ch. Legi/humaskotapadang)

PADANG – Pemerintah Kota Padang terus fokus menata pusat perdagangan, Pasar Raya Padang. Hal ini dilakukan demi kenyamanan pedagang dan pengunjung saat bertransaksi jual beli.

Sampai saat ini Pemko Padang masih menunggu selesainya fisik bangunan Pasar Inpres III. Jika selesai pada pekan pertama April 2017 ini, Pasar Raya Padang akan lebih ‘tacelak’ lagi.

“Apabila Inpres III tuntas, kita harapkan setelah itu Pasar Raya lebih berubah lagi,” ujar Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah Dt Marajo saat meninjau Pasar Raya Padang, Jumat (10/3).

Perubahan mencolok yang akan dilakukan yakni pemindahan pedagang yang selama ini berjualan di pinggir jalan utama Simpang Kandang. Begitu juga pedagang yang ‘menggalas’ di jalan lain.

“Seluruh pedagang kita tempatkan di Inpres I, II, III, dan IV, sehingga tidak ada lagi yang berjualan di luar,” ulas Mahyeldi didampingi Kadis Perdagangan Kota Padang Endrizal, Kabid di Dinas PU-PR Hendri Zulviton, dan Fadel.

Saat kunjungan ke Pasar Raya, walikota sempat dicegat oleh pemilik Toko Sinar Damai di jalan Simpang Kandang. Pemilik toko tersebut mengeluhkan kondisi jalan di depan tokonya yang dijadikan tempat parkir berlapis oleh kendaraan roda empat.

“Baa caronyo ko Pak Wali, balapih parkir di siko (bagaimana caranya ini Pak Wali, parkir berlapis di sini),” keluhnya kepada Mahyeldi.

Keluhan tersebut langsung dijawab walikota. Mahyeldi menyebut bahwa nanti di sepanjang jalan Simpang Kandang dan jalan Sandang Pangan tidak boleh lagi dijadikan tempat parkir kendaraan.

“Parkir seluruh kendaraan dipusatkan di lantai III dan lantai IV di Inpres II dan Inpres III,” terang Mahyeldi.

Tidak itu saja, drainase di Pasar Raya juga akan lebih baik. Nantinya drainase mulai dari Simpang Kandang dan Permindo dibuat cukup besar untuk menampung air. Termasuk membangun trotoar dan pengaspalan.

“Selain terminal di IWAPI, nanti juga ada terminal di Inpres ini,” katanya.

Walikota Padang juga menyempatkan diri melihat pengaspalan di Adabiah lama (depan bioskop Raya Theatre). Sekaligus mengamati apa saja yang harus ditambah dan dibenahi untuk kenyamanan di Pasar Raya.

Sebelum meninggalkan Pasar Raya, walikota menyapa tiap pedagang yang ditemui. Walikota pun tak canggung untuk bercanda dengan pedagang. Setelah itu walikota sempat mencicipi ketan durian di bawah jenjang Padang Theatre lama.

sumber: Humas Kota Padang

comments

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.