Padang РSejumlah warga di sekitar Pasar Banda Buek, Padang, Sumatera Barat dan yang berbelanja di lokasi tersebut mengapresiasi pelaksanaan penertiban salah satu tempat jual beli tertua di kota itu pada Rabu (22/3).

Salah satu warga yang tinggal di Koto Lalang dekat pasar tersebut, Kamis Zulkarnain mengatakan penertiban pedagang secara damai tersebut merupakan prestasi pemerintah.
Sebab, ujarnya selama ini lokasi tersebut sulit ditertibkan pemerintah, bahkan saat ada razia kerap terjadi perselisihan.
Disamping itu, tambahnya saat selesai pembangunan lantai dua pasar tersebut, banyak keluhan dari pedagang yang mengakibatkan sebagian besar tetap jualan di bawah.
“Diharapkan keberhasilan ini efektif dan pasar terus tertib,” ujar dia.
Warga lain yang biasa berbelanja di Banda Buek, Wiwik juga mengapresiasi capaian pemerintah ini, akan tetapi dia meminta kepada pemerintah juga untuk menertibkan pangkalan ojek yang mangkal di badan jalan depan pasar.
Sejauh ini ujar dia kemacetan pasar disebabkan parkir yang tidak efektif, dengan pindahnya pedagang ke lantai dua dapat dikurangi.
Akan tetapi ojek sering terlihat berjajar di depan pasar yang menyebabkan kemacetan khususnya pada hari Pasar, Selasa dan Sabtu.
Menanggapi hal itu Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal menyebutkan upaya persuasif dan konsolidasi secara perlahan dan bertahap menjadi kunci pemindahan tersebut.
Dia mengatakan sebagai salah satu pasar satelit besar di Padang, tentu banyak persoalan seperti premanisme dan pedagang yang nakal, bila menggunakan kekerasan tentu tidak akan bertemu hasilnya.
“Dengan pendekatan satu persatu pedagang sambil memberikan penerangan yang logis, ini menjadi upayanya,” ujar dia.
Ke depan pihaknya akan mengawasi adanya kemungkinan pedagang nakal berjualan kembali dan mengganggu arus lalu lintas di sekitar pasar.
Selain warga, mantan Lurah Banda Buek, Nurmis Yakub juga mengapresiasi penertiban pasar tersebut dan berharap pimpinannya dapat menjadikan Pasar Banda Buek sebagai barometer pusat perdagangan di Padang selain Pasar Raya.

comments

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.