13 April 2024

Kabasurau.co.id. Agenda resmi pertama kedatangan Delegasi Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi (KSA) di Sumbar, Senin (12/2/2023), mengunjungi 2 perguruan tinggi di Kota Padang. Kedua perguran tinggi tersebut adalah Universitas Negeri Padang (UNP) dan dilanjutkan ke Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol.

Rombongan delegasi tersebut berjumlah 8 orang, yaitu Assistant Deputy Minister for International Cooperation, Dr. Abdurrahman Ali Al-Amri, Dr. Sami Abdulrahman Al-Haisuny (Director General Department for Non Saudi Scholarship at Ministry of Education), Prof. Dr. Hasan Abdulhamid A. Bukhari (Dean of Arabic Language Institute, Ummul Qura University), Dr. Ibrahim Salem N. Alshaedi (Dean of Alumni and International Cooperation, Islamic University of Madiah), Dr. Asma Abdulmana A. Alhamaadi (Saudi Electronic University), Mr. Kamal Jameel A. Alwudyani (Ministry of Foreign Affairs), Dr. Bander Alalaam (Dean of Islamic and Arabic Sains Institute in Indonesia, Al-Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University), Mr. Abdullah Alguraini (Head of the Public Relations ad Media Unit, Islamic and Arabic Sains Institute in Indonesia).

Dalam kunjungannya di Universitas Negeri Padang (UNP) rombongan banyak berdiskusi dengan para dosen dan mahasiswa UNP. Pada kesempatan tersebut Dr. Abdulrahman Ali M Alamri mengungkapkan, Kerjasama pendidikan antara Arab Saudi dan Indonesia adalah untuk kemajuan agama Islam (for the benefit of Islam). 

Tercatat saat ini terdapat sebanyak 6.000 mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan studi ke Arab Saudi. Studi lanjut tersebut tidak hanya dalam bidang ilmu agama Islam, namun juga di bidang-bidang lain seperti Ekonomi, Teknik, Fisika dan lain-lain. Kemudian Dr. Abdulrahman Ali M Alamri memaparkan di Arab Saudi masih banyak perguruan tinggi yang menjadi tujuan untuk melanjutkan pendidikan, tidak hanya perguruan tinggi di Makkah dan Madinah, namun di daerah lain masih banyak dan Arab Saudi membuka peluang tersebut.

“Ini peluang dan kesempatan bagi kita, di mana Arab Saudi sedang gencar-gencar merekrut mahasiswa asing, maka gunakan peluang ini dan tidak hanya di bidang agama namun pada bidang keilmuan umum lainnya,” ungkap Rektor UNP, Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D.

Usai dari UNP rombongan Delegasi melanjutkan kunjungan ke Kampus III UIN Imam Bonjol, Balai Gadang, Koto Tangah, Kota Padang. Di sana rombongan kembali berdiskusi bersama para dosen dan mahasiswa membahas peluang melanjutkan pendidikan ke Arab Saudi.

Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd, menyambut baik kedatangan rombongan, kemudian mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilaksanakan di mana UIN menjadi salah satu dari empat perguruan tinggi yang menjadi agenda kunjungan Delegasi Kementerian Pendidikan Arab Saudi di Sumbar.

Kemudian Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd, menjamu para rombongan tersebut pada acara makan malam di Kampus I UIN Imam Bonjol, Anduring, Kuranji, Padang. Pada jamuan makan malam tersebut para rombongan Delegasi Kementerian Arab Saudi sangat tersanjung dengan jamuan yang diberikan.

Pada hari berikutnya, Selasa ( 14/2/2022), diagendakan rombongan Delegasi ini akan berkegiatan di 2 perguruan tinggi lainnya, yaitu Universitas Andalas dan Politeknik Negeri Padang.

Reporter: Sy

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *