15 Juni 2024
SMP di Kota PadangIndriadi Bakrie, Kabid Perencanaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan Kota Padang, (Syaugi)

Kabasurau.co.id. Sebanyak 60% dari sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Padang telah berhasil meraih akreditasi tingkat A. Hal ini diungkapkan Indryedi Bakrie, Kabid Perencanaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan Kota Padang, saat visitasi akreditasi SMPIT Dar el-Iman, Jumat (6/10/2023).

Indryedi Bakrie menyampaikan bahwa dari total 104 SMP, yang terdiri dari 46 negeri dan 58 swasta di Kota Padang, 60% di antaranya telah meraih akreditasi A. Hal ini menunjukkan komitmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah ini.

Indryedi juga mengumumkan program baru yang akan diluncurkan oleh dinas pendidikan, yaitu program Bimbingan Teknis (Bintek) dan workshop untuk sekolah-sekolah yang telah diakreditasi. Program ini bertujuan untuk memberikan pembinaan yang maksimal agar akreditasi sekolah dapat terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

“Kami akan memberikan pendampingan oleh pengawas ke sekolah-sekolah yang telah diakreditasi, sehingga kami berharap akreditasi sekolah akan semakin meningkat,” ujarnya.

Indryedi juga menyoroti kontribusi sekolah swasta, seperti Dar el-Iman, yang telah meraih akreditasi A. Ia menegaskan bahwa sekolah swasta juga berperan penting dalam peningkatan akreditasi pendidikan di Kota Padang. Selain itu, ia berharap bahwa akreditasi tersebut dapat dipertahankan dan semakin banyak sekolah yang meraihnya.

Namun, ia juga menyebutkan bahwa hanya sekolah yang telah menjalani proses visitasi yang dapat meningkatkan akreditasinya. Untuk sekolah yang belum mengikuti visitasi, mereka hanya dapat memperpanjang akreditasi selama satu tahun atau mungkin langsung selama lima tahun, tergantung pada kebijakan yang berlaku.

Indryedi juga berharap agar Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dapat mengkaji ulang kebijakannya sehingga sekolah dengan akreditasi tingkat B juga dapat menjalani visitasi untuk meningkatkan akreditasi mereka. Ini diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Padang.

Meskipun ada beberapa sekolah yang belum dapat mengikuti visitasi karena kebijakan dari pusat, tim asesor dari BAN-S/M Jakarta diharapkan dapat mempertimbangkan untuk melakukan visitasi di sekolah-sekolah tersebut guna mendukung peningkatan akreditasi pendidikan di Kota Padang.

Reporter: Robby | Redaktur: Syaugi

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *