18 Juni 2024
Abu VulkanikTumpukan abu vulkanik di tumbuhan akibat dari erupsi gunung Marapi di Sungai Pua, Agam, 4 Desember 2023. Foto: Syaugi

Kabasurau.co.id. Erupsi Gunung Marapi sejak awal Desember tahun lalu mengancam kesehatan masyarakat di sekitarnya. Dalam langkah antisipasi, Pemerintah Kecamatan Sungai Pua bersama Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Sumbar, Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unand, serta RSUP M Djamil Padang membuka layanan pemeriksaan paru-paru gratis bagi masyarakat. Camat Sungai Pua, Ridwan, mengungkapkan bahwa langkah ini diambil setelah ditemukannya warga terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), yang diduga sebagai dampak dari abu vulkanik erupsi Gunung Marapi.

Pemerintah Kecamatan Sungai Pua, sebagai respons terhadap ancaman kesehatan akibat erupsi Gunung Marapi, berkolaborasi dengan PDPI Sumbar, Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unand, serta RSUP M Djamil Padang untuk memberikan layanan pemeriksaan paru-paru gratis kepada masyarakat setempat. Menurut Camat Sungai Pua, Ridwan, pemeriksaan ini melibatkan 10 dokter spesialis paru dari PDPI Sumbar.

Layanan pemeriksaan paru ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada Minggu, 14 Januari, di Puskesmas Sungai Pua. Ridwan menyatakan bahwa langkah ini diambil setelah adanya laporan warga Sungai Pua yang terjangkit ISPA, yang dikhawatirkan merupakan dampak dari abu vulkanik yang terus menerus terjadi akibat erupsi Gunung Marapi.

“Pemeriksaan ini dilakukan karena telah ditemukan warga Sungai Pua yang terjangkit ISPA. Berkemungkinan ini akibat abu vulkanik erupsi Gunung Marapi, karena hampir setiap hari gunung erupsi,” ungkap Ridwan.

Rencananya, pemerintah kecamatan bersama PDPI, Unand, dan RSUP M Djamil akan membuka layanan pemeriksaan khusus terhadap kesehatan masyarakat, terutama paru-paru. Pihak PDPI, Unand, dan RSUP M Djamil Padang akan membawa peralatan lengkap untuk pemeriksaan ini.

Ridwan juga mengimbau masyarakat Sungai Pua untuk mengikuti pemeriksaan ini, yang diselenggarakan secara gratis dan terbuka untuk umum. Sebagai bentuk apresiasi, doorprize akan diberikan kepada masyarakat yang mengikuti pemeriksaan tersebut.

Ancaman kesehatan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi memicu langkah proaktif Pemerintah Kecamatan Sungai Pua dalam membuka layanan pemeriksaan paru-paru gratis bagi masyarakat. Kolaborasi dengan PDPI Sumbar, Unand, dan RSUP M Djamil Padang menjadi langkah konkret dalam menghadapi potensi dampak kesehatan yang meruncing sejak awal Desember tahun lalu. Masyarakat diajak untuk turut serta dalam pemeriksaan ini, sebagai upaya bersama dalam menjaga kesehatan di tengah ancaman abu vulkanik yang terus menerus mengancam.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *