Acara Holistic DEI Gagasan Siswa SMA DIBS Berjalan Sukses, Total Hadiah Rp 20 Juta

1088
Holistic SMA DIBS
Peraih juara umum Holistic DEI 2021, MTsN Padang Panjang. (Foto: Reza)

Yayasan Dar el-Iman: Kegiatan Holy qur’an olimpiade sains and technology islamic competition (Holistic) Dar el-Iman tingkat SMP/MTs se-Sumatera barat (Sumbar), yang digagas oleh siswa Sekolah menengah atas (SMA) Dar el-Iman boarding school (DIBS) berjalan dengan sukses, hal ini ditandai dengan penutupan acara secara resmi dan penyerahan hadiah, Sabtu (16/10/2021).

Acara penutupan dihadiri oleh Walikota Padang yang diwakilkan oleh Kasubag bina kesra Hendri satriawan, kemudian pengawas sekolah dari Dinas pendidkan provinsi Sumbar, selanjutnya turut hadir Ketua Yayasan Dar el-Iman, Buya Muhammad elvi syam, Kepala sekola SMA DIBS dan tamu undangan lainnya.

Holistic SMA DIBS
Tamu undangan yang hadir dalam acara penutupan Holistic DEI.

Dalam sambutannya, Hendri Striawan menyampaikan permohonan maaf Walikota Padang yang tidak bisa hadir dalam kesempatan tersebut, kemudian ia mengapresiasi Osis SMA DIBS yang telah mengagas kegiatan ini, sebab kegiatan ini sejalan dengan program Walikota Padang.

“Sebagaimana diungkapkan panitia tadi, kegiatan ini sejalan dengan program Walikota dimana Walikota memiliki program meningkatkan keagamaan generasi muda,” terangnya.

Kemudian Dalam sambutan ketua Yayasan Dar el-iman Buya Muhammad elvi syam, ia menerangkan program unggulan dari SMA DIBS dimana sekolah ini semua siswa di asramakan dengan sekolah yang terpisah putra dan putri.

“SMA DIBS Dar el-iman baru sekali meluluskan angkatannya, namun walaupun demikian masyaAllah lulusannya saat ini telah melanjutkan pendidikan di Universitas ternama di Indonesia, seperti Unand, Lipia Jakarta, Universitas Telkom, STDI Jember dan lainnya,” terangnya.

Ia meminta dukungan semua pihak, agar kelak sekolah ini mampu melahirkan tokoh-tokoh di masa depan, dimana dahulu sejarah mencatat Sumatera barat merupakan pusat lahirnya tokoh-tokoh nasional.

Selanjutnya utadz Edwin hutabian selaku kepala Sekolah SMA DIBS dalam sambutannya mengungkapkan kebahagiaan, sebab ia melihat siswa SMA DIBS mampu mengangkat dan mensukseskan acara ini.

“Alhamdulilla OSIS kita mampu mengangkat kegiatan ini, kami memberikan tantangan kepada mereka selama satu bulan,” ungkapnya.

Kegiatan ini dikonsep tidak hanya mengangkat  perlombaan keagamaan saja, namun juga mengangkat ilmu pengetahuan umum dan teknologi.

Ustad Rosidi selaku Wakil kepala bidang kesiswaan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan dan pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

“Holistic DEI perdana kita lakukan dalam waktu persiapan selama 1 bulan, alhamdulillah kepla sekolah menyokong kegiatan ini,” terangnya.

Kepada peserta yang belum mendapat juara, ustadz Rosidi memberikan semangat dan mengatakan insyaAllah tahun depan kegiatan ini kembali diangkat dan peserta yang mengikuti perlombaan saat ini kembali diundang.

Kemudian Ketua pelaksana Holistic DEI Farhan Ramadhan melaporkan, kegiatan ini dilakukan secara daring dan luring, dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kwalitas remaja muslim Sumbar.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar generasi muda Sumbar tidak hanya unggul di bidang akademik, juga di bidang keagamaan,”ungkapnya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Kemudian berharap semoga kembali bertemu dalam acara Holistic DEI tahun depan.

Holistic SMA DIBS
Salah seorang panitia menyusun piala Juara 1 sampai dengan Juara 3, terlihat piala bergilir juara umum lebih besar dari piala lain.

Dari serangkaian perlombaan yang telah terlaksana sejak Senin (11/10/2021) hingga hari ini, Sabtu (16/10/2021), Perolehan Juara setiap cabang perlombaan sebagai berikut:

Lomba Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ)

  • Juara 1 Latifa Syakira (SMP IT Dar el-Iman)
  • Juara 2 Amelia rahma(SMPN 5 Batusangkar)
  • Juara 3 Fauzan iskan eka putra (MTSN Padang panjang)

Lomba olimpiade sains

  • Juara 1 Rashad Aliy razan (SMPN 1 Padang)
  • Juara 2 Alika seria fahdnedy (MTsN Padang Panjang)
  • Juara 3 Hafizh putra wardika (SMP IT Dar el-Iman)

Lomba Olimpiade matematika

  • Juara 1 Ahmad razan indrayana (SMPN 7 Padang)
  • Juara 2 Mutiara aisy Shofi (SMPN 5 Batusangkar)
  • Juara 3 Taufiqqurrahman widi (MTsN 8 Agam)

Lomba Musabaqah fahmil qur’an (MFQ) putra

  • Juara 1 SMP IT Al Hijrah
  • Juara 2 MTSN Padang Panjang
  • Juara 3 Ponpes Dar el-Iman
  • Juara harapan SMPN 5 Padang

Lomba Musabaqah fahmil qur’an (MFQ) putri

  • Juara 1 SMP Putri Perguruan Ar risalah)
  • Juara 2 SMPN 5 Padang
  • Juara 3 SMP Rahmatan Lil ‘alamin
  • Juara Harapan SMP PMT Prof Dr Hamka Padang

Lomba Vidio editing

  • Juara 1 Muhammad Fathir zhafran fedora (SMP 1 Padang)
  • Juara 2 Arif rasyid SMP IT Dar el-iman)
  • Juara 3 Nurus sakinah (SMP 5 Batusangkar)

Setiap juara dalam cabang perlombaan juara 1 memnerima tabanas sebesar Rp 1,2 juta, kemudian juara 2 sebesar Rp 900 ribu, dan juara 3 sebesar Rp 750 ribu. Terkhusus MHQ juara 1 mendapat tabanas sebesar Rp 1,5 juta, juara 2 sebesar Rp 1 juta dan juara 3 sebesar Rp 750 ribu. Total semua hadiah dari semua cabang sebesar Rp 20 juta.

Holistic SMA DIBS
Buya Muhammad elvi syam selaku Ketua yayasan Dar el-Iman menyerahkan piala bergilir juara umum kepada perwakilan guru MTsN Padang Panjang.

Kemudian juara umum dalam kegiatan Holistic DEI tahun 2021 berhasil diraih oleh MTsN Padang Panjang dan berhasil membawa piala bergilir Kepala sekolah SMA DIBS. Semoga tahun depan kegiatan ini kembali digagas dengan lebih baik dan melahirkan juara-juara baru dan semangat baru.

Reporter: Sy/Reza

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here