13 April 2024
Blue MoonBlue moon di jeddah. Foto: Pixabay.

Kabasurau.co.id. Fenomena langka yang disebut “blue moon” memukau Arab Saudi dan dunia Arab pada hari Rabu (30/8/2023). Meskipun disebut “blue moon,” warna bulan tetap tak berubah, namun pesonanya menghipnotis dengan dua bulan purnama dalam satu bulan, sebuah kejadian yang terjadi hanya setiap dua setengah tahun.

Majed Abu Zahra, kepala Masyarakat Astronomi Jeddah, mengungkapkan bahwa biasanya, setiap bulan hanya memiliki satu bulan purnama dalam kalender matahari. Namun, bulan Agustus ini memamerkan kemegahan langit dengan dua bulan purnama.

Abu Zahra menjelaskan bahwa ini terjadi ketika bulan purnama muncul pada awal-awal bulan, sebuah kejadian yang memang jarang.

Di tenggara langit, saat matahari terbenam, bulan purnama raksasa ini muncul, tampak berpotensi oranye akibat debu atmosfer. Namun, ketika mencapai posisinya yang tepat, bulan tersebut kembali bersinar dengan rona putih keperakan yang khas. Bahkan, ia akan berbagi sorotan langit malam dengan planet Saturnus, menciptakan pemandangan yang menakjubkan hingga matahari terbit pada hari Kamis.

Abu Zahra menambahkan bahwa “blue moon” raksasa ini akan terlihat 7 persen lebih besar dan 15 persen lebih terang daripada bulan purnama biasa. Meskipun demikian, perbedaan ini mungkin tidak akan terlalu terasa bagi banyak orang karena sifatnya yang halus, terutama dengan kemungkinan gangguan seperti awan atau cahaya kota. Terlebih lagi, untuk banyak orang, sulit untuk mengidentifikasi perubahan ukuran bulan saat tinggi di langit.

Tepat pada pukul 04.35 waktu Makkah pada hari Kamis, “blue moon” raksasa ini akan mencapai purnama. Meskipun pesonanya tak terbantahkan, pengaruhnya pada keseimbangan energi internal Bumi dan pasang surut harian akan tetap terbatas.

Selain sebagai pemandangan langit yang memukau, fase bulan ini juga memberikan kesempatan yang sempurna bagi para pengamat langit untuk melihat dengan jelas kawah-kawah yang menonjol di permukaan bulan. Para astronom pun bersemangat untuk secara aktif meneliti fitur-fitur yang ada di sana, menambahkan dimensi ilmiah pada keajaiban alam ini.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *