17 April 2024
Kuliah Umum di UNPRektor UNP, Prof. Drs. Ganefri, M.Pd (kiri) bersama Syaikh Ahmad bin Isa Al Hazimiy (tengah), dan yang mendampinginya Syaikh Albrag bin Abdullah Alameer selaku Kepala kantor Atase Agama Kedubes Arab Saudi (Kanan).

Kabasurau.co.id: Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi beserta rombongan melaksanakan kuliah umum di Universitas Negeri Padang usai berkunjung ke Payakumbuh, Rabu (17/12/2021) sore. Kuliah umum tersebut mengusung tema Peran Arab Saudi dalam Melayani Islam dan Kaum Muslimin Sedunia.

Dalam kuliah umum ini turut hadir Rektor UNP, Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., beserta wakilnya, kemudian hadir dalam kesempatan tersebut mantan Wali Kota Padang ke-12 Fauzi Bahar, dan para mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Ilmu Agama Islam yang mengikuti kuliah umum.

Sebelum dimulainya kuliah umum, Rektor UNP Ganefri memberikan sambutan. Ia mengucapkan terimakasih kepada rombongan syaikh, karena telah berkunjung ke Kampus UNP. Kemudian menyampaikan perkembangan pembangunan Saudi Center di perpustakaan UNP. Dimana program ini merupakan bentuk kecintaan UNP kepada Arab Saudi.

“Kita akan membangun Saudi Center di UNP, sebelumnya kita telah bertemu Kedubes Arab Saudi, kemudian menitipkan $ 12 ribu dolar untuk pembangunan Saudi Center tersebut,” ungkapnya.

Kemudian Syaikh mengungkapkan dalam waktu dekat Dubes Saudi akan berkunjung ke Sumbar, “semoga dengan kedatangan dubes ini akan lebih baik lagi kerjasama UNP dengan Arab Saudi,” ungkapnya.

Syaikh Ahmad mengatakan, kuliah umum pada saat ini merupakan kunjungan persahabatn, Kantor Atase Agama merupakan bagian dari Kedubes Arab saudi dan Atase memberikan pelayanan untuk kebaikan semua.

“Insyaallah ada 10 karton Al quran cetakan dari madinah. Begitu juga ada 10 karton dari kebun pangeran amir sulthon dan di bulan ramadahn akan dakukan berbuka bersama yang merupakan program raja salman melaksanakan berbuka bersama di negara negara islam.

Sesusai arahan Dubes Arab Saudi kepada Syaikh Ahmad, Ia menyampaikan pesan Dubes kepada Rekto, yakni memilih 3 orang siswa yang unggul memiliki ijazah SLTA untuk di ajukan namanya mendapatkan beasiswa sekolah di Arab Saudi di seluruh jurusan kecuali kedokteran. Diharapkan dalam satu minggu ini sebelum syaikh kembali ke Jakarta telaht mengajukan 3 nama yang unggul kepadanya.

Kemudian dalam kuliah umum yang disampaikan Syaikh Ahmad bin Isa Al Hazimiy, menyebutkan Kerjaan Arab Saudi berdiri diatas manhaj pertengahan, adil dan toleransi. Arab saudi ia tegaskan sangat memerangi ekstrimis dan radikalisme teroris. Semenjak berdirinya Kerajaan ini, telah memberikan perhatian kepada dua tanah suci dan perhatian besarserta tanggung jawab yang dipikul dimana kedua tanah suci ini telah dibangun dengan makmur.

Selanjutnya Syaikh mnegatakn Arab saudi juga memberikan perhatian timggi kepada pendatang baik haji dan umroh, serta memberi kemudahan dan kenyamanan kepada para tamu. Sehingga kerajaan dengan seluruh lembaga di pemerintahan memberi pelayanan penuh kepada jamah haji dan umrah. Kemudian kiswah kaba dan air zamzam dimana pelayanan ini terbaik dan modern.

Syaikh menutup pertemuan dengan memberi nasehat kepada para Mahasiswa untuk selalu bersemangat dalam menuntut ikmu, karena negeri ini membutuhkan orang berilmu, dan mengingatkan untuk menjauhi tempat yang menjerumuskan kepada hal yang buruk.

“Sya berharap bisa kembali bertemu dilain waktu dan mendoakan semoga kalian mendapat kesuksesan dan mencapai nilai yang baik,” tutupnya.

Usai melaksanakan kuliah umum, Syaikh Ahmad beserta rombongan melaksanakan shalat mghirb di Masjid Al Azhar dan melanjutkan makan malam bersama Rektor UNP Ganefri beserta rombongan. Kegiatan Syaikh Ahmad kembali dilanjutkan esok hari, dari informasi yang Redaksi terima, Syaikh beserta rombongan berkegiatan di Kota Padang memberikan Kuliah umum di Polda dan Unand.

Reporter: Sy

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *