Dareliman Peduli Mengadakan Daksos di Ponpes Dareliman Lubuk Minturun

891
Lokasi Dakwah Sosial dilaksanakan, yaitu di gedung Pondok Pesantren Tahfiz dareliman. (Foto : Humas)

PADANG (KabaSurau) : Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar, Dareliman peduli mengadakan kegiatan dakwah sosial (Daksos), yakni pembagian sembako dan pengobatan gratis yang berlokasi di pondok pesantren Dareliman yang terletak di Lubuk minturun, kecamatan Koto tangah, kota Padang. Kegiatan terlaksana selama dua hari, dimulai sejak Sabtu (30/01) sampai Minggu (31/01).

Dalam acara pembukaan turut hadir perwakilan Camat Koto tangah yakni bapak Elvian Putra selaku sekretaris camat Koto tangah, selanjutnya tamu undangan dari tokoh setempat seperti ketua RW 03 bapak Syahrial, serta pengurus yayasan Dareliman kota Padang.

Acara Pembukan dihadiri oleh masyarakt sekitar dan tokoh masyarakat.

Ketua RW 03 bapak Syahrial mengucapkan terima kasih dalam sambutannya atas terselenggaranya kegiatan ini oleh yayasan Dareliman. Ia menjelaskan program ini kepada masyarakatnya, jika ada warganya yang tidak mendapatkan sembako atau tidak terdata dalam kegiatan ini, maka dapat melapor kepada panitia agar terdata, serta mengingatkan warga agar tetap mengenakan masker dan menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi kami dari masyarakat berterimakasih, seperti kata bapak ketua tadi, jika tak kenal maka tak sayang, jadi kami dari masyarakat begitu juga, mungkin ada cara kami dari warga dalam beradaptasi kurang tepat maka kami minta maaf,” ungkapnya.

Kemudian Buya Muhammad elvi syam selaku ketua yayasan Dareliman kota Padang menyampaikan dalam sambutannya, yayasan Dareliman merupakan yayasan yang tidak mencari keuntungan. Program yayasan semuanya untuk berdakwah, seperti mengadakan pengajian-pengajian, berdakwah melalui pendidikan dan berdakwah melalui sosial seperti yang terlaksana saat ini.

“Alhamdulillah tiga poin ini sudah berjalan dengan baik,diantaranya kegiatan kita pada hari ini, walaupun dimasa pandemi kita berharap kegiatan tidak terhalang tetapi tetap mentaati protokol kesehatan,” terangnya.

Selanjutnya dalam sambutan ketua Darelima peduli dan Surautv peduli selaku penanggung jawab kegiatan ini, yaitu Buya Faisal Abdurrahman mengatakan, kegiatan ini merupakan program daksosl, dimana telah banyak giat yang dilakukan selama ini, salah satunya daksos ke memtawai. Selain itu juga ada program kemanusiaan, dimana Dareliman peduli dan Surautv peduli ikut serta membantu korban bencana yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Bagi bapak ibu yang berada di komplek ini yang membutuhkan, tentunya kami akan membuka tangan untuk informasi tersebut,” ungkap Buya Faisal.

Dalam kesempatannya, Buya Abu Ibrahim selaku Mudir pondok pesantren Dareliman mengatakan, berdirinya pondok pesantren ini diharapkan menjadi manfaat bagi masyarakat di sekitar. Dalam kegiatan kali ini diharapkan kedepan akan tetap berlanjut.

“Apakah nanti kita akan melakukan mengirim guru untuk mengajarkan bacaan Al Quran kepada bapak ibu, atau mengutus santri kita,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Buya Abu Ibrahim mengucap permohonan maaf jika selama berbaur dengan masyarakat ada kesalahan, atau tindakan yang tidak tepat dari warga ponpes. Semoga dengan kegiatan ini menjadikan ponpes lebih dekat dengan warga sekitar.

Sebanyak 200 sembako dibagikan kepada warga.

Sebanyak 200 paket sembako dibagikan kepada masyarakat RW 03 dengan jumlah penerima sebanyak 200 KK. Kemudian di hari berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan pengobatan gratis bagi warga di sekitar ponpes yang ditargetkan sebanyak 100 orang.

Beberapa orang warga mengantri dalam pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh Dareliman Peduli.

Hingga menjelang siang telah diperiksa kurang lebih sebanyak 25 warga, dilaporkan dokter Amir selaku petugas kesehatan dalam pengobatan gratis ini, kebanyakan keluhan dari masyarakat adalah penyakit lansia, seperti hipertensi atau nyeri kaki, walaupun demikian tim kesehatan telah mengambil tindakan medis dan memberi obat. (SY)

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here