19 Mei 2024
Dauroh Keluarga Galogandang

Kabasurau.co.id. Pelaksanaan dauroh keluarga galogadang mengaji yang ke 3 berjalan sukses. Dauroh ini merupakan agenda tahunan Galogandang Mengaji dalam rangka mempererat silaturrahmi dan menambah ilmu agama para perantau jorong Galogandang, Nagari III Koto, Tanah Datar.

Dauroh kali ini mendatangkan pemateri Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, mengangkatkan tema Bersama Keluarga Masuk Surga. Kegiatan terlaksana selama 2 hari, pada tanggal 4 sampai 5 Februari 2023 di 5G Resort, Cijeruk, Bogor.

Kemudian kegiatan dauroh dihadiri oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Wali Nagari 3 Koto, Wali Jorong Galogandang, dan ditambah 450 orang lebih keluarga perantau yang berasal dari jorong Galogandang.

Selain itu pada kesempatan tersebut Surau TV diundang oleh dunsanak rantau sebagai media partner dalam acara Daurah Keluarga Jorong Galogandang.

“Kini, kok ka sakolah anaknyo, capek nyo manjagoan. Tapi kok ka sumbayang, banyak urang tuo nan cuek sajo,” Ungkap Usta Ali Musri saat menyampaikan materi dauroh.

Ia juga memberikan nasehat kepada para perantau untuk sering-sering melihat kondisi kampung, memperhatikan anak kemenakan.

“Kalu pulang, jangan cuma hanya melihatkan kekayaan, jangan cuma menghamburkan uang, tapi lihat juga kondisi surau. Masih hidupkah kegiatan remajanya?, masih ramaikah yang sholat berjemaah?,” tuturnya menegaskan.

Senada dengan harapan ustadz Ali Musri, Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian, juga memiliki keinginan yang sama, yaitu kerja sama para perantau dalam membangun kampung.

“Sebagai Wakil Bupati, ambo berharap kerjasama para perantau, mamak-mamak kasadonyo, dalam manjago anak keponakan kito di kampuang. Sebab alah ado ditemukan dikampuang kito anak-anak umua belasan tahun hamil. Iko adolah musibah bagi kampuang,” ucap nya.

Dalam agenda Dauroh keluarga Galogandang mengaji yang berlangsung selama dua hari ini, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan. Selain daurah yang bisa diikuti seluruh peserta, ada juga kajian khusus muslimah, kajian anak-anak, dan outbond. Kemudian ditutup dengan kegiatan temu ramah seluruh peserta dan tamu undangan.

Harapan terucap dari seluruh peserta, semoga daurah keluarga ini tetap terselenggara setiap tahun dan menjadi ajang silaturrahim dan memperkuat keimanan dan ketaqwaan para perantau.

Reporter: Jeffri | Redaktur: Syaugi

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *