17 April 2024
Saudi Corner di UNP

Kabasuru.co.id: Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Syaikh Essam bin Abed Al Thaqafi beserta rombongan mengawali kegiatannya pada hari ini di Universitas Negeri Padang (UNP). 

Dalam kunjungan pertamanya ke Universita Negeri Padang, Syaikh Essam memberikan kuliah umum kepada mahasiswa, Kemudian dilanjutkan dengan peresmian Saudi Corner.

Dalam kuliah umum tersebut, hadir Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan Rektor UNP, Ganefri yang telah mengiringi rombongan tamu tersebut dari BIM. Kemudian juga hadir dalam kesempatan itu Walikota Padang, Hendri Septa, Rektor UIN Imam Bonjol, Rektor IAIN Bukittinggi, Rektor IAIN Batu Sangkar, serta perwakilan ormas Islam dan para mahasiswa peserta kuliah umum.

Dalam sambutannya, Syaikh Essam mengungkapakan, kunjungannya kali ini merupakan kunjungan balasan yang sebelumnya Dubes Arab Saudi telah dikunjungi Rektor UNP dan Gubernur Sumbar di Jakarta.

Ia mengungkapkan kunjungan kerja ini nantinya akan membahas kerjasama terkait bidang kebudayaan, investasi dan perdagangan. Indonesia dan Arab Saudi diungkapkannya memiliki hubungan dan sejarah yang panjang, maka dengan ini kita akan membina hubungan ini agar lebih erat.

“Dalam hubungan yang akan kita perkuat adalah dalam bidang budaya dan pendidikan,” ungkap Syaikh Essam yang diterjemahkan Ustadz M Zein.

Dengan keberadaan Saudi Corner di UNP, diungkapkan Syaikh hal ini melambangkan kerjasama tersebut terjalin dengam erat. 

“Ini hadiah dari Kerajaan Arab saudi untuk msayarakat Sumatera Barat,” ungkapnya.

Selanjutnya Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Dubes Arab Saudi. Dengan kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan Sumbar dengan Arab Saudi yang telah terjalin sejak lama, dimana dahulu sejarah mencatat Syaikh Ahmad Kahtib Al Minangkabawi menjadi Imam tetap di Masjidil Haram, menandakan kedekatan ini.

Kemudian mengucapkan terimakasih atas pemilihan Masjid Raya Sumbar menjadi Masjid dengan arsitektur terbaik dalam ajang Abdullatif al fauzan awwards.

“Kami minta maaf bila sambutan yang diberikan kurang pada tempatnya dan bila selama kunjungan nanti ada hal yang tidak berkenan kami mohon maaaf,” tutupnya.

Berikutnya Rektor UNP, Ganefri menyampaikan Kerjasama Arab saudi sejak 2017 ditandai dengan kunjungan Dubes Arab Saudi, dimana pada saat itu dijabat Abdullah bin Suaib, hasil kerjasama tersebut diawali dengan pembangunan Saudi Center, dan hingga sekarang Menjadi Saudi Corner dimana biayanya sepenuhnya berasal dari Arab Saudi.

“Saudi Corner ini harapannya akan menjadi Sumber informasi kebudayaan arab saudi terlengkap, siapa saja yang ingin belajar tentang arab saudi bisa belajar kesini,” terangnya.

Kegiatan ditutup dengan peresmian Saudi Corner oleh Dubes Arab Saudi, dan dilanjutkan dengan peninjauan Saudi Corenr di Perpustakaan UNP. Kemudian rombongan melanjutkan kegiatan ke Istana Gubernur Sumbar.

Reporter: Sy

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *