27 Mei 2024
Gempa Pasaman BaratFoto: Detikcom

Kabasurau.co.id: Gempa berkekuatan M 6,1 di Kabupaten Pasaman Barat pada hari ini mengakibatkan tiga korban meninggal dunia, sementara puluhan korban lain luka dan ribuan rumah rusak.

Diungkapkan Plt Kepala Badan Pelaksana BPBD Pasaman Barat, Azhar, sebagaimana dikutib dari Detikcom, Jumat (25/2/2022), terdapat tiga orang yang meninggal dunia sampai siang ini.

Dikatan Azhar, tiga orang tersebut berada di Nagari Kajai Kecamatan Talamau. Talamau merupakan salah satu lokasi terparah akibat gempa Pasaman Barat.

“Kita masih melakukan pendataan. Tim masih di lapangan, sehingga data pastinya belum kita peroleh. Tapi melihat kondisi, dampak yang ditimbulkan gempa tadi cukup luar biasa,” katanya.

Selain korban tewas dan luka-luka, musibah itu diperkirakan juga menyebabkan rumah warga rusak.

“Kalau perkiraan kita, bisa lebih 10 ribu rumah yang terdampak,” katanya.

Kemudian Berdasarkan informasi dari Kepala Puskesmas Ladang Panjang, Ismail, yang dikutip dari Infosumbar, tiga dari jenazah korban meninggal saat ini sudah berada di puskesmas.

“Saat ini 3 jenazah sudah ada di puskesmas. Sementara 1 lainnya masih dalam proses evakuasi karena tertimpa reruntuhan,” terangnya.

Gempa berkekuatan M 6,1 tersebut terjadi pukul 08.39 WIB, di Talamau, Pasaman Barat, Sumatera Barat. BMKG mencatat setidaknya ada 7 gempa susulan setelah gempa Pasaman Barat.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,14° Lintang Utara dan 99,94° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km Timur Laut wilayah Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada kedalaman 10 km.

“Hingga pukul 09.35 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 kejadian gempa bumi pendahuluan (foreshock) dengan magnitudo M 5,2 dan menunjukkan adanya 7 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M 3,9,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip dari Detikcom, Jumat (25/2/2022).

Sumber: Detikcom, InfoSumbar | Editor: Sy

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *