17 Juli 2024
Hari Nasional Arab SaudiMenag bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H. Amodi. (Foto: Kemenag)

Kabasurau.co.id. Perayaan Hari Nasional Arab Saudi yang ke-93 berlangsung dengan kehadiran Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, yang turut dalam rombongan perwakilan pemerintah Indonesia dalam acara istimewa di Hotel Raffles Jakarta. Hari Nasional Arab Saudi, yang jatuh pada tanggal 25 September 2023, menjadi momentum penting dalam hubungan antara dua negara bersaudara ini.

Dalam sambutannya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat atas nama pemerintah Republik Indonesia kepada Kerajaan Arab Saudi atas peringatan hari nasional yang ke-93. Perayaan ini memperlihatkan rasa hormat Indonesia terhadap Kerajaan Arab Saudi dan hubungan yang erat antara kedua negara.

“Saya mengucapkan selamat atas nama pemerintah Republik Indonesia kepada Kerajaan Arab Saudi atas hari nasional yang ke-93,” ungkap Menag dalam rilis resminya, Senin (25/9/2023).

Salah satu momen emosional dalam peringatan ini adalah penghargaan yang diberikan oleh Menag kepada Raja Kerajaan Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud, atas pelayanan yang luar biasa terhadap jemaah haji Indonesia tahun 2023. Menag mengungkapkan harapannya untuk peningkatan kuota jemaah haji Indonesia tahun depan, sebagai tanda solidaritas dan kerjasama yang terus berkembang antara dua negara ini.

Tidak hanya itu, perayaan Hari Nasional Arab Saudi ini juga menjadi ajang untuk merayakan kemajuan signifikan dalam hubungan bilateral antara Arab Saudi dan Indonesia. Menag menekankan pentingnya kerjasama dalam mendorong pembangunan yang adil dan merata di seluruh dunia. Menurutnya, persaudaraan adalah kata yang paling tepat untuk mendeskripsikan hubungan erat antara kedua negara ini.

Dalam konteks yang sama, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H Amodi, juga menyoroti kedekatan antara Arab Saudi dan Indonesia. Ia mencatat bahwa Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, sementara Arab Saudi merupakan tuan rumah bagi dua masjid suci umat Islam, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

“Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, sedangkan Saudi adalah negara tempat beradanya dua masjid suci umat muslim (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi),” kata Faisal dalam bahasa Arab.

Kedua negara ini juga memiliki peran penting sebagai anggota Organization of Islamic Cooperation (OIC) dan G20, yang menunjukkan peran besar mereka dalam masalah global dan regional.

Peringatan Hari Nasional Arab Saudi yang ke-93 ini menjadi bukti konkret dari kedekatan dan kerjasama yang kuat antara kedua negara ini dalam berbagai bidang.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *