19 Mei 2024
Bantuan PalestinaBantuan tahap 2 In+donesia unt masyarakat Gaza Palestina. (Ist.)

Kabasurau.co.id. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk Gaza, Palestina, menyertakan obat-obatan dan peralatan medis. Bantuan senilai Rp31,9 miliar ini melibatkan kontribusi sektor swasta serta dukungan politik Indonesia bagi Palestina.

“Dalam pengiriman bantuan hari ini, dua pesawat dengan total 21 ton akan membawa obat-obatan, peralatan rumah sakit, makanan, dan barang kebutuhan penting lainnya,” ungkap Presiden.

Selain dana dari pemerintah, kontribusi berasal dari berbagai perusahaan dan organisasi kemanusiaan seperti PT Paragon Teknologi Inovasi, Indonesian Humanitarian Alliance, Kitabisa, Baznas, WeCare, dan lainnya, sebagaimana diungkapkan Presiden.

Bantuan ini akan mengikuti pola pengiriman sebelumnya melalui Bandara El Arish, Mesir. “Pesawat akan transit di El Arish sebelum akhirnya sampai di Gaza,” tambahnya.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa selain bantuan materi, Indonesia juga memberikan dukungan politik yang konsisten untuk Palestina. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, sebagai utusan khusus OKI, saat ini berkoordinasi dengan negara-negara lain untuk menggalang dukungan demi menghentikan kekejaman di Gaza.

“Dukungan politik ini sangat penting. Kami berharap gencatan senjata bisa segera direalisasikan agar bantuan kemanusiaan dapat tersalurkan dengan lancar ke Gaza,” tegasnya.

Presiden juga menambahkan bahwa Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina. Di acara pelepasan bantuan, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *