27 Mei 2024

Kabasurau.co.id: Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri Majelis Ulama Indonesia (MUI), Bunyan Saptomo berharap, Indonesia yang menjadi Presidensi di G20 memperhatikan tanggung jawab sosial global untuk menangani isu perdamaian dan pengungsi, termasuk Isu Palestina dan Pengungsi Rohingya.

“Tahun 2021 Komisi Hublu MUI telah menjalin kerjasama erat dengan Kemlu terkait masalah Palestina, termasuk bantuan kemanusian dan rencana pembangunan RS Indonesia di Hebron,” ujarnya sebagaimana dilansir dari MUIDigital, Selasa (4/1/2022).

Bunyan Saptomo menuturkan, G20 atau Group Twenty ini merupakan kelompok 20 ekonomi terbesar di dunia yang dibentuk pada tahun 1999, dari 20 negara tersebut terdapat 3 negara Muslim yaitu Indonesia, Saudi Arabia, dan Turki.

Dalam Presidensi G20 ini, kata Bunyan, Indonesia fokus kepada 3 topik utama, yakni: Memperkuat arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi menuju energi yang terbarukan.

Bunyai Saptomo melihat dari 3 topik utama pembahasan tersebut tidak ada isu Palestina dan Rohingya yang menjadi fokus perhatian dalam presidensi Indonesia di G20.

“Untuk tahun 2022, saya sebagai ketua Komisi Hublu MUI telah komunikasi dengan Staf Ahli Menlu urusan kerjasama antar Lembaga tentang kemungkinan sinergi sejumlah program kerja tahun 2022 Komisi Hublu MUI dengan Kemlu dalam upaya pengayaan program Presidensi Indonesia di G20,” paparnya.

Bunyan Sapto mengungkapkan sejumlah program kerja Komisi Hubungan Luar Negeri MUI yang memerlukan kerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan instansi terkait.

Program kerja tersebut yakni Konferensi Ulama Internasional untuk Perdamaian, seminar Internasional promosi ekonomi Islam atau halal, Advokasi pengungsi Rohingya, pelatihan Diplomasi dan komunikasi Internasional untuk anggota Ormas Pemuda Islam, kerjasama pemberian beasiswa untuk mahasiswa Muslim asing, dan kerjasama merespon kasus Islamphobia.

“Demikian, semoga usulan kerjasama dengan Kemlu dan instansi terkait bisa memperkaya program Presidensi Indonesia di G20,” pungkasnya.

Sumber: MUI Digital

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *