19 Mei 2024
Waktu Terbaik BerdoaIlustrasi berdoa

Kehidupan sehari-hari seringkali membanjiri kita dengan rutinitas yang sibuk. Dalam gejolak kesibukan ini, kita sering melupakan satu hal yang penting: berdoa. Tapi apakah Anda tahu bahwa ada waktu-waktu tertentu yang sangat dianjurkan untuk berdoa, ketika doa Anda lebih mungkin didengar oleh Allah? Mari kita telusuri rahasia waktu terbaik untuk meminta kepada Allah, seperti yang diungkapkan oleh Buya Muhammad Elvi Syam, seorang da’i lulusan timur tengah.

Kapan waktu terbaik untuk berdoa? Pertanyaan ini sering kali menghantui banyak orang yang ingin mendekatkan diri kepada Allah. Untuk menjawab pertanyaan ini, kita akan mengutip dari ceramah seorang narasumber yang memiliki pengetahuan mendalam tentang agama Islam, Buya Muhammad Elvi Syam, Lc., M.A.

Menurut Buya Muhammad Elvi Syam, waktu terbaik untuk berdoa adalah saat sepertiga malam terakhir, khususnya sekitar jam 2-4 pagi. Beliau menjelaskan bahwa Allah Ta’ala sangat mencintai hamba-Nya yang berdoa di sepertiga malam yang terakhir. Ini didukung oleh firman Allah dalam QS. Adz Dzariyat: 18, “Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan.”

Mengapa sepertiga malam terakhir menjadi waktu yang sangat berharga? Pada saat itu, Allah Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu. Rasulullah ﷺ telah mengajarkan kepada kita tentang keistimewaan waktu ini, dengan sabda-Nya: “Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758).

Maka, tidak ada waktu yang lebih baik untuk berdoa daripada saat Allah sendiri turun untuk mendengarkan kita. Sepertiga malam terakhir adalah momen yang penuh berkah, di mana doa-doamu memiliki peluang besar untuk dikabulkan. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan berharga ini untuk berbicara kepada Allah, memohon ampunan-Nya, dan meminta apa yang kita butuhkan.

Selain sepertiga malam terakhir, momen sahur juga merupakan waktu yang sangat baik untuk berdoa. Di saat melaksanakan puasa sunnah atau pun puasa wajib, saat kita bersiap-siap untuk menjalani puasa sepanjang hari, doa kita memiliki kekuatan yang luar biasa. Kita dapat memohon kepada Allah agar memberikan kekuatan, kesabaran, dan kemudahan dalam menjalani ibadah puasa.

Dalam kesibukan hidup sehari-hari, jangan biarkan rutinitas harian membuat kita lupa untuk berkomunikasi dengan Allah. Manfaatkan waktu terbaik untuk berdoa ini, dan ingatlah bahwa setiap doa yang tulus dan sungguh-sungguh pasti didengar oleh Allah. Doa adalah sarana kita untuk mendekatkan diri kepada-Nya, sehingga mari kita gunakan waktu-waktu berharga ini dengan bijak.

Artikel ini telah ditulis ulang oleh redaksi Kabasurau.co.id.

Editor: Syaugi

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *