27 Februari 2024
Jalan SijunjungKondisi jalan lintas Sumatera di Kabupaten Sijunjung, Rabu (17/1/2024). Foto Humas Polres Sijunjung

Kabasurau.co.id. Musim hujan yang melanda Kabupaten Sijunjung memberikan dampak serius terhadap kondisi jalan raya di beberapa wilayah. Terbentuknya lubang di badan jalan menjadi masalah utama yang dihadapi, memicu kekhawatiran akan kecelakaan lalu lintas. Dalam menyikapi hal tersebut, Polres Sijunjung melalui jajaran Satuan Lalu Lintas telah melakukan patroli intensif di Jalan Lintas Sumatera.

Jalan Lintas Sumatera, jalur utama yang membentang dari perbatasan Sijunjung-Sawahlunto hingga ke perbatasan Sijunjung-Dharmasraya, kini menjadi perhatian serius pihak kepolisian setempat. “Kami lakukan survei jalan rusak dan berlubang di Jalinsum dalam wilayah Kabupaten Sijunjung pasca hujan yang cukup sering,” ungkap AKP Zamrinaldi, Kasatlantas Polres Sijunjung, pada Rabu (17/1/2024).

Dari hasil survei yang dilakukan, Kasatlantas beserta jajaran menemukan beberapa ruas jalan dalam kondisi rusak berat dan berlobang, menjadi potensi besar penyebab kecelakaan lalu lintas. Adapun titik-titik rawan kecelakaan tersebut tersebar di beberapa kecamatan, antara lain di Kecamatan Kupitan, IV Nagari, Sijunjung, Tanjung Gadang, dan Kamang Baru.

Beberapa titik rawan kecelakaan yang teridentifikasi antara lain terdapat di Jorong Kapalo Koto dan Simpang Simancung, Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan. Di Kecamatan IV Nagari, titik rawan ditemukan di Jorong Bungo Pinang, Nagari Muaro Bodi. Sementara di Kecamatan Tanjung Gadang, sejumlah lokasi berpotensi membahayakan pengguna jalan, seperti di Jorong Sibisir, Timbulun, Guguk Naneh, dan Koto, Nagari Tanjung Lolo.

AKP Zamrinaldi secara tegas mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan agar meningkatkan kewaspadaan saat melintasi kawasan-kawasan yang terdampak. “Terlebih jika lubang tergenang air sehingga tidak tampak ketika berkendara, apalagi dalam kecepatan tinggi,” tandasnya. “Selalu utamakan keselamatan daripada kecepatan, keluarga menunggu di rumah,” tambahnya.

Dalam situasi ini, Polres Sijunjung akan terus melakukan patroli dan upaya penanganan lebih lanjut guna meminimalisir risiko kecelakaan dan memberikan keamanan kepada masyarakat pengguna jalan di Kabupaten Sijunjung.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *