4 Maret 2024

Syarah shohih Bukhari
Kitab : Permulaan Wahyu
Bab : Jibril memuroja’ah Al Quran kepada Rasulullah ﷺ di bulan Ramadhan


عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ.

dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, Bahwasanya Rasulullah ﷺ adalah orang yang paling dermawan, terutama pada bulan Ramadan ketika malaikat Jibril ‘alaihissalam menemuinya. Sesungguhnya Jibril ‘alaihissalam kerapkali menemui beliau pada setiap malam di bulan Ramadan, dimana Jibril ‘alaihissalam mengkaji Al-Qur’an bersamanya. Sungguh Rasulullah ﷺ jauh lebih bermurah hati daripada angin yang berembus.”.

Yang dimaksud dengan “فَيُدَارِسُهُ” adalah saling bergantian membaca Al-Qur’an yang bertujuan untuk murajaah agar tidak lupa.

Di antara Faedah hadist :

1. Rasulullah ﷺ memang sudah dikenal sebagai seorang yang dermawan, baik sebelum diutus sebagai Nabi ﷺ, maupun sesudah diangkat menjadi Nabi. Dalam hadist no. 3 tentang kisah Nabi ﷺ yang ketakutan setelah menerima wahyu dari Jibril ‘alaihissalam, di sana dinukilkan bagaimana penggambaran Ummul Mukminin Khadijah Radhiyallahu ‘anha terhadap suaminya yang gemar membantu orang yang membutuhkan, baik moril maupun materil.

Adapun setelah diutus menjadi Nabi ﷺ, Beliau ﷺ tidak pernah berubah sikap kedermawanannya, apalagi Allah ﷻ melarang umatnya agar tidak memiliki sikap bakhil, Allah ﷻ berfirman:


وَلَا يَحْسَبَنَّ ٱلَّذِينَ يَبْخَلُونَ بِمَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ هُوَ خَيْرًۭا لَّهُم ۖ بَلْ هُوَ شَرٌّۭ لَّهُمْ ۖ سَيُطَوَّقُونَ مَا بَخِلُوا۟ بِهِۦ يَوْمَ ٱلْقِيَـٰمَةِ ۗ وَلِلَّهِ مِيرَٰثُ ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌۭ


Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. Surat Ali-Imran (3) Ayat 180

2. Bulan Ramadan merupakan suatu bulan dimana Allahﷻ melipat gandakan amalan-amalan dan pahala-pahala.dan dari Hadist ini Rasulullah ﷺ mencontohkan nya bagaimana beliau ﷺ ketika di bulan Ramadhan menambah kualitas dan kuantitas amalan beliau.diantaranya adalah sikap dermawan beliau ﷺ.
3). Malaikat Jibril alaihi salam memurojaah Al Quran dengan Nabi ﷺ pada bulan Ramadhan pada setiap malamnya. Dan ketika diakhir hayat beliau ﷺ malaikat Jibril memurojaah Al-Quran dengan beliau ﷺ sebanyak dua kali.

4. Anjuran berteman dengan orang-orang shalih.
5. Tidak selayaknya menunda-nunda dalam beramal shalih, karna Nabi ﷺ selalu bersegera dalam hal-hal kebaikan.
6. Bahwasanya murah hati Rasulullah ﷺ dalam memberikan manfaat bagi orang lain lebih cepat dari angin yang berhempus yang menandakan akan turunnya rahmat Allah ﷻ berupa hujan.

Dan Seseorang yang berinteraksi dengan Al-Quran maka ia akan mendapatkan keutamaan dari Al-Quran tersebut.

#. Al-Quran adalah Sebaik-baik perkataan karena ia adalah firman Allah Ta’ala.sehingga Al-Quran menjadi perkataan yang terbaik. Rasulullah ﷺ bersabda :


فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ

“Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan” (HR. Muslim no. 86).

#. Siapa yang membawa Al-Quran? Adalah Jibril alaihi salam.maka malaikat Jibril menjadi Rasulnya dari kalangan malaikat dan menjadi pemimpinnya para malaikat.sehingga malaikat Jibril menjadi pemimpinnya malaikat. Allah ﷻ mensifati Malaikat Jibril dengan firman-Nya,


إِنَّهُ لَقَوْلُ رَسُولٍ كَرِيمٍ﴿١٩﴾ذِي قُوَّةٍ عِنْدَ ذِي الْعَرْشِ مَكِينٍ﴿٢٠﴾مُطَاعٍ ثَمَّ أَمِينٍ


“Sesungguhnya Alquran itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy, yang ditaati disana (di alam malaikat) lagi dipercaya.” (QS. at-Takwir: 19-21).

Juga firman Allah ﷻ,


عَلَّمَهُ شَدِيدُ الْقُوَىٰ﴿٥﴾ذُو مِرَّةٍ فَاسْتَوَىٰ


“Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat. Yang mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli.” (QS. an-Najm: 5-6).


#. Kapan diturunkan nya Al-Quran? Pada malam lailatul qodr. Sehingga malam lailatul qodr menjadi Sebaik-baik malam. Allah ﷻ berfirman :


لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌۭ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍۢ


Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
(Surat Al-Qadr (97) Ayat 3)


#. Dan pada bulan apa diturunkan nya Al-Quran?
Pada bulan Ramadhan. Sehingga bulan Ramadhan menjadi Sebaik-baik bulan. Allah ﷻ berfirman :


شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًۭى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَـٰتٍۢ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍۢ فَعِدَّةٌۭ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.

Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.(surat Al-Baqarah (2) Ayat 185)

#. Kepada siapa diturunkan nya Al-Quran??
Kepada Nabi Muhammad ﷺ. Sehingga Nabi Muhammad ﷺ menjadi pemimpin anak cucu adam. sabda Nabi Muhammad ﷺ :


أَنَا سَيِّدُ النَّاسِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ (البخاري و مسلم)


Aku adalah tuan seluruh manusia pada hari kiamat [Bukhari dan Muslim]

#. Dan barangsiapa yang memiliki sedikit dari Al-Quran maka Allah ﷻ akan muliakan dia.sebagaimana sabda Nabi Muhammad ﷺ :


خيركم من تعلم القرآن وعلمه


“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori).

Baca Juga : Islam dibangun di atas Lima (landasan)

===========================
Sumber: الشرح الميسر لصحيح البخاري المسمى : الدرر واللآلي بشرح صحيح البخاري العلامة الشيخ محمد بن علي الصابوني Syarh al muyasaar lishshohil bukhari karya Muhammad bin Ali Ash shobuny

Penulis: Ustadz Rahmat Ridho, S. Ag

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *