22 Februari 2024
Fairuz SyaugiFairuz Syaugi (Kiri) menerima sertifikat pemenang lomba fotorafi Dishut Sumbar dari Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi (Kanan). (Foto: Humas Dishut Sumbar)

Kabasurau.co.id. Pada Refleksi Akhir Tahun 2023 yang diadakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Fairuz Syaugi, seorang pewarta foto dari Kabasurau.co.id, memperoleh penghargaan sebagai juara pertama dalam lomba fotografi yang dihelat. Lomba ini merupakan bagian integral dari upaya meningkatkan kesadaran akan perhutanan sosial guna memajukan kesejahteraan masyarakat.

Acara puncak pemberian hadiah lomba fotografi dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwardi, pada hari Rabu, 27 Desember 2023. Moment ini juga menjadi ajang apresiasi bagi KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) terbaik dalam Survey Pendapatan Petani Hutan Tahun 2023.

Proses penjurian lomba fotografi kehutanan Sumbar dimulai sejak 30 November 2023 hingga diumumkan pada 11 Desember 2023, Fairuz Syaugi sebagai juara pertama. Lomba ini mengangkat tema perhutanan sosial demi kesejahteraan masyarakat. Selain penghargaan juara, penilaian juga melibatkan kategori tambahan berdasarkan jumlah “like” terbanyak yang terkumpul hingga tanggal tersebut.

Lomba Fotografi Kehutanan Sumbar
Foto juara 1 lomba fotografi kehutanan Dishut Sumbar, bercerita tentang potensi budidaya madu galo-galo di alam Sumbar.

Refleksi Akhir Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat telah menjadi agenda rutin selama tiga tahun terakhir. Momentum ini digunakan untuk mengevaluasi capaian kinerja Dinas selama setahun terakhir.

Dengan tema “Kolaborasi Pentahelix Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Hutan untuk Mewujudkan Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan,” acara refleksi tahunan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Asisten II, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, UPT KLHK, Mitra Kerja, serta Unit UPTD Dinas Kehutanan.

Salah satu pencapaian utama dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, yakni “Meningkatnya Pendapatan Petani Hutan,” berhasil melampaui target yang telah ditetapkan, mencatat pertumbuhan sebesar 17,24% dari target 5%. Keberhasilan ini menjadi hasil dari dedikasi tinggi para Aparatur Dinas Kehutanan serta kerjasama erat dengan mitra “Pentahelix” dalam pembangunan sektor kehutanan di Sumatera Barat.

Kedepannya, fokus akan lebih ditekankan untuk meraih pencapaian yang lebih signifikan, yang dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap kesejahteraan masyarakat sekaligus menjaga keberlanjutan hutan yang menjadi aset berharga bagi Sumatera Barat.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *