20 April 2024
Hasil PemiluRapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan Padang Pnajng Timur,, Rabu (21/2/2024). Foto: Diskominfo Padang Panjang

Kabasurau.co.id. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Padang Panjang Timur (PPT) berhasil menyelesaikan tahapan penting dalam proses Pemilihan Umum 2024 dengan sukses. Rapat Pleno untuk merekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat kecamatan telah selesai dilaksanakan setelah berlangsung selama tiga hari sejak 18 Februari lalu.

Partisipasi masyarakat dalam Pemilu kali ini terbilang cukup tinggi, mencapai sekitar 83% dari jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mencapai 18.666 orang. Adapun rincian pengguna hak pilih untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden mencapai 15.603 orang, terdiri dari DPT sebanyak 14.919 orang, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 532 orang, dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 152 orang.

Dari hasil pemilu yang telah dilakukan, pasangan Anies-Muhaimin berhasil meraih suara terbanyak dengan total 10.212 suara, diikuti oleh Prabowo-Gibran dengan 4.793 suara, dan Ganjar-Mahfud dengan 467 suara. Jumlah surat suara sah mencapai 15.381, sedangkan surat suara tidak sah sebanyak 222 suara.

Selain itu, untuk pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), jumlah pengguna hak pilih mencapai 15.484 suara dengan perincian DPT sebanyak 14.903 suara, DPTb 431 suara, dan DPK 150 suara. Sementara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD), terdapat 15.501 pengguna hak pilih.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumbar juga telah menghasilkan suara dengan partisipasi sebesar 15.397 suara, dengan jumlah surat suara sah mencapai 14.272 suara.

Ketua PPK PPT, Rahman Setiadi Wibowo, menyatakan bahwa proses rekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat kecamatan telah diselesaikan bersama-sama dengan pihak terkait, termasuk Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pengawas Pemilu (Panwas), dan saksi dari partai politik.

“Hari ini Model D Hasil akan kita serahkan ke saksi. Semua atribut pemungutan suara seperti kotak suara, Model D Hasil dan lainnya akan kita serahkan juga ke KPU,” ungkap Rahman Setiadi Wibowo.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam proses rekapitulasi hasil pemilu 2024 ini, yang berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Dengan demikian, tahapan penting ini telah berhasil dilaksanakan dengan aman dan tertib.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *