19 Mei 2024
kasus KebakaranIlustrasi (Foto: Syaugi)

Kabasurau.co.id. Dalam sepekan terakhir, Kota Padang mencatat peningkatan kasus kebakaran yang dihubungkan dengan suhu udara yang tinggi. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Budi Payan, mengungkapkan kekhawatiran ini dalam rilis resmi pada Senin, 4 September 2023.

“Suhu udara yang panas memengaruhi intensitas kebakaran,” ungkap Budi.

Dalam sepekan terakhir, Kota Padang mencatat lima kasus kebakaran di wilayahnya. Salah satunya terjadi di Jalan Alai Barat, Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, pada hari Senin sebelumnya. Kebakaran ini merusak dua rumah dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp300 juta.

“Suhu udara yang tinggi menyebabkan material seperti kayu, rumput, dan pohon menjadi sangat kering, meningkatkan risiko kebakaran,” jelas Kadis Damkar.

Budi menganjurkan masyarakat untuk berhati-hati dalam membakar sampah atau kebun dan menghindari aktivitas yang dapat memicu kebakaran.

“Sebaiknya sampah ditempatkan di tempat pembuangan sampah (TPS) yang telah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), daripada dibakar. Juga, penting untuk secara berkala memeriksa instalasi listrik,” katanya.

Dinas Damkar Kota Padang memiliki 42 personil yang siap menghadapi berbagai jenis bencana, termasuk kebakaran.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *