13 April 2024
polsek SijunjungPolsek Sijunjung. Foto: Humas Polsek Sijunjung

Kabasurau.co.id. Sebuah peristiwa kesalahpahaman yang hampir berujung pada tindak penganiayaan akhirnya menemui titik terang melalui kegiatan mediasi yang digelar oleh Polsek Sijunjung pada Senin (19/2/2024). Mediasi ini dipimpin oleh Kanitreskrim Aipda Ardion, didampingi Bhabinkamtibmas Bripka Andri Syam, di aula Mapolsek Sijunjung.

Menariknya, pelapor dalam kasus ini memutuskan untuk mencabut laporannya di Polsek Sijunjung dengan alasan telah menyelesaikan permasalahannya secara kekeluargaan. “Kami laksanakan kegiatan ini berdasarkan permohonan dan surat perdamaian kedua belah pihak yang diketahui oleh pihak keluarga dan pihak pengurus ojek pangkalan Nagari Muaro dan Nagari Sijunjung,” ungkap Aipda Ardion.

Berbagai pihak yang terlibat, termasuk pengurus ojek pangkalan setempat, hadir dalam mediasi ini, memperkuat semangat rekonsiliasi yang menjadi fokus dalam keadilan restoratif. “Keadilan Restoratif memungkinkan pihak yang terlibat untuk berdiskusi, mencari pemahaman, dan mencapai kesepakatan yang memadai bagi semua pihak,” tambahnya.

Sebagai bagian dari kesepakatan, pihak terlapor diwajibkan melapor selama satu bulan setiap hari Jumat di Polsek Sijunjung. Selain itu, mereka juga membantu biaya pengobatan pelapor sebesar Rp600.000,-.

Dengan dicabutnya laporan tersebut, gelar perkara telah dilakukan dalam rangka penghentian penyidikan. Langkah ini menunjukkan komitmen Polsek Sijunjung dalam menjalankan sistem peradilan yang lebih mendalam dan berpusat pada pemulihan.

Menariknya, kesepakatan yang dicapai dalam kegiatan mediasi ini memberikan contoh nyata bagaimana penyelesaian konflik melalui pendekatan kekeluargaan dan restoratif dapat menghasilkan solusi yang memuaskan bagi semua pihak yang terlibat. Dengan adanya komitmen untuk tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum serta dukungan dari berbagai pihak, diharapkan kasus serupa dapat diminimalisir di masa yang akan datang, dan masyarakat dapat terus menjaga harmoni dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *