4 Maret 2024
Peringatan Hari Bahasa ArabPeringatan hari bahasa arab di jakarta, Senin (18/12/2023). (Foto: Artvisi)

Kabasurau.co.id. Kedutaan Besar Arab Saudi menggelar acara puncak Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia di Auditorium Lembaga Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta, Senin, 18 Desember 2023. Acara ini dibuka secara resmi oleh Yang Mulia Dubes Saudi di Indonesia, Syeikh Faisal bin Abdullah Al Amudy.

Dalam sambutannya, Yang Mulia Dubes menekankan pentingnya bahasa Arab sebagai bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia jatuh setiap tanggal 18 Desember, yang bersamaan dengan hari pada tahun 1973 ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan bahasa Arab sebagai bahasa resmi keenam organisasi PBB.

“Sebagai umat Islam, kita patut bersyukur, ini juga menjadi kewajiban kita untuk dapat mengerti dan memahami bahasa Arab. Dalam Islam, hukum bersumber pada Al-Qur’an dan Hadist. Oleh karena itu, jika kita ingin paham dan mengetahui menjadi sumber hukum kita, maka kita wajib memahami bahasa Arab,” ungkap Yang Mulia Dubes.

Pemerintah Arab Saudi menunjukkan perhatian dan dukungan besar terhadap bahasa Arab, dengan pendirian berbagai lembaga pendidikan terkait bahasa Arab, khususnya di negara-negara Islam, termasuk Indonesia.

“Dalam usaha untuk melestarikan Bahasa Arab, Kerajaan Arab Saudi telah membangun pusat-pusat pendidikan bahasa Arab di berbagai negara dan memberikan beasiswa. Hal ini menunjukkan komitmen nyata pemerintah Arab Saudi dalam membantu pengembangan Bahasa Arab di kalangan SDM dari negara-negara Islam,” tambahnya.

Direktur Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Islam Arab (LIPIA), Syaikh Dr. Walid Al-Othman, juga menegaskan perhatian serupa dari Kerajaan Arab Saudi terhadap pengembangan Bahasa Arab di Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi telah mendirikan lembaga pendidikan seperti “Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA) Jakarta” di Indonesia, yang sudah berdiri sejak 40 tahun lalu dengan lebih dari 21.000 alumni.

LIPIA telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Aceh, Medan, dan Surabaya, dengan fokus pada jurusan Bahasa Arab. LIPIA Jakarta juga telah membangun beberapa fakultas termasuk fakultas syariah, fakultas bahasa Arab, serta fakultas manajemen dan ekonomi Islam.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Duta Besar maupun perwakilan dari negara-negara Arab seperti Uni Emirat Arab, Bahrain, Suriah, Aljazair, Yaman, Palestina, Tunisia, dan Sudan. Ketua Umum Asosiasi Radio Televisi Islam Indonesia (ARTVISI), Ustadz Muhammad Elvi Syam, Lc. MA, juga hadir dan mengungkapkan apresiasi terhadap peringatan Hari Bahasa Arab sebagai upaya untuk mengajak masyarakat mencintai bahasa Arab. Menurutnya, bahasa Arab adalah identitas umat Muslim yang harus dijaga dan disemarakkan penggunaannya kepada masyarakat luas.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *