27 Februari 2024
kemiskinanilustrasi. (Pixabay)

Kabasurau.co.id. Kemiskinan di Kota Padang mengalami penurunan tajam pada tahun 2022. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan di kota ini turun menjadi 4,26 persen, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 4,94 persen.

Penurunan angka kemiskinan di Padang ini merupakan prestasi luar biasa yang tak lepas dari upaya keras Pemerintah Kota Padang. Salah satu langkah penting yang diambil adalah program Penanggulangan Kemiskinan yang dikelola secara ketat oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Padang.

“Jumlah orang miskin pada tahun 2021 mencapai 48,44 ribu jiwa. Namun, pada tahun 2022, angka ini berhasil turun menjadi 42,37 ribu jiwa. Artinya, sebanyak 6.070 jiwa berhasil keluar dari jerat kemiskinan,” ucap Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Padang, Maihendrizon, Kamis (12/10/2023).

Dalam upaya menurunkan tingkat kemiskinan, pemerintah berfokus pada tiga aspek utama, yakni peningkatan pendapatan, pengurangan beban pengeluaran, dan pengentasan wilayah-wilayah yang menderita kemiskinan.

Pada tahun 2022, pemerintah telah menjalankan berbagai program penanggulangan kemiskinan, termasuk layanan pengobatan bagi warga miskin, program rehabilitasi sosial, bantuan pemakaman, dan bantuan hukum. Mereka juga aktif mengelola jaminan kesehatan untuk warga miskin.

Program pemberdayaan sosial, seperti pelatihan kerja dan peningkatan produktivitas tenaga kerja, serta bantuan bibit dan benih ternak, ikan, dan pengembangan UMKM, telah membantu warga miskin menciptakan peluang ekonomi yang lebih baik.

Penurunan angka kemiskinan di kota ini menjadi kabar baik bagi masyarakat kota ini. Dengan upaya yang terus berlanjut, diharapkan tingkat kemiskinan di Padang dapat terus menurun dan mencapai tingkat yang lebih rendah lagi.

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Kabasurau.co.id, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *